salah satu karya yang dipamerkan pada pameran "Guyon Maton".
Sumber :
  • tim tvOne - Andri Prasetiyo

Ajak Masyarakat Ngabuburit sambil Intip Fenomena Sosial, Pameran Karikatur dan Kartun Digelar

Sabtu, 23 Maret 2024 - 23:57 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com – Sebanyak 15 karikatur dan kartun bertema fenomena sosial dipamerkan dalam pameran karikatur dan kartun bertajuk “Guyon Maton” yang digelar di Kopi Zop Garrya Bianti bersamaan dengan bulan Ramadan tahun ini. 

Fenomena sosial yang diangkat adalah fenomena sosial yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Hal-hal yang sesungguhnya mengundang rasa miris di hati itu dikemas dalam balutan humor sehingga dapat mengajak masyarakat melihat fenomena sosial dan seni dari sudut pandang yang berbeda.

Selain itu, pameran ini juga menjadi media dukungan terhadap karya para seniman Yogyakarta.

“Pameran ini menjadi media bagi para seniman kartun dan karikatur untuk terus berkarya. Seiring dengan perkembangan zaman dan media, diharapkan para seniman dapat terus berkreasi,” ujar Ridwan Heriyadi, General Manager Garrya Bianti Yogyakarta.

Seluruh karya yang dipamerkan dalam pameran ini merupakan karya kartunis asal Yogyakarta, Praba Pangripta. Tajuk pameran ini yaitu “Guyon Maton” diambil dari bahasa Jawa yang memiliki arti bersenda gurau.

"Guyon” melalui karya visual gambar kartun menjadi sarana atau alternatif untuk membangkitkan kepekaan terhadap humor. Saat ini, humor dapat menjadi media penyampaian pesan terkait masalah-masalah sosial. 

Dewi, salah satu pengunjung yang berasal dari Semarang mengaku mengapresiasi karya-karya yang dipamerkan. Dia mengaku tergelitik dengan karya-karya tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
01:24
01:33
03:57
11:28
10:12
Viral