Kerimbunan pohon bambu di Taman Wisata Bambu Baturaden membuat udara menjadi sejuk..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Sejuknya Taman Wisata Bambu Baturaden Membuat Wisatawan Betah

Minggu, 23 Januari 2022 - 16:21 WIB

Banyumas, Jawa Tengah - Taman Wisata Bambu Baturaden (TWBB) memang merupakan tempat wisata dengan paket lengkap. Suasana objek wisata yang menyenangkan dan menenangkan, ditambah dengan arena bermain lengkap yang mengedukasi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Terletak di Desa Karangsalam, Baturaden, Kabupaten Banyumas, awalnya, taman wisata ini adalah kebun yang ditanami bambu guna menjaga daerah tangkapan air di daerah hulu Kali Pelus. 

"Sekitar 15 tahun lalu, saya ditugasi menanam 90 jenis bambu. Yang tumbuh berkembang baik hanya 38. Ada yang mati, ada yang terbawa erosi," ujar Narsim (50), warga setempat yang merintis terbentuknya taman wisata ini.

Setelah bambu tumbuh, kebun menjadi rimbun. Tak hanya itu, bambu-bambu tersebut juga menciptakan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

Beraneka macam bambu dapat ditemui di lokasi ini, mulai dari bambu lokal Banyumas, Lampung, hingga wilayah lain di Sumatera. Beberapa jenis bambu cukup unik, di antaranya adalah bambu merak, bambu kuda, dangkil, dan bambu duri.

"Bambu merak itu satu rumpun tumbuhnya berbeda arah. Serumpun jadi mirip  ekor merak yang sedang mekar. Kalau bambu dangkil, tiap ruas bentuknya zig-zag," terang Narsim.

Selain menikmati suasana hutan bambu, ada pula wahana lain untuk keluarga.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral