Ritual pengambilan air suci atau Mendak Tirta digelar warga Tengger Bromo Probolinggo.
Sumber :
  • Syahwan Kamahina

Jelang Yadnya Kasada 2022, Masyarakat Tengger Gunung Bromo Lakukan Ritual Mentak Tirta 

Selasa, 14 Juni 2022 - 07:40 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Menjelang peringatan hari raya Yadnya Kasada 2022, warga Tengger kawasan Gunung Bromo menggelar rangkaian prosesi Mendak Tirta atau ritual pengambilan air suci di Air Terjun Madakaripura di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Senin (13/6/2022).

Sementara itu, pemangku adat masyarakat Tengger setempat tetap membatasi jumlah masyarakat Tengger yang mengikuti ritual Mendak Tirta atau pengambilan air suci di Air Terjun Madakaripura. Hal itu dilakukan agar ritual Mendak Tirta ini dapat berlangsung dengan lebih khidmat dan khusyuk.

Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko mengemukakan, bahwa perlu disadari saat ini pariwisata sudah menjadi kebutuhan primer. Agar potensi wisata ini menjadi jujukan maka harus memiliki keunikan yang bagus. Selasa (14/6/2022)

"Wisata Gunung Bromo boleh saja semakin maju dengan berbagai inovasinya, akan tetapi budaya Tengger tidak boleh berubah. Kearifan lokal masyarakat Tengger adalah penunjang utama wisata Gunung Bromo," ujarnya.

Lebih lanjut, Timbul Prihanjoko juga menambahkan, adat dan budaya Tengger yang menaungi wilayah Gunung Bromo tidak hanya berpusat di Kecamatan Sukapura saja, tetapi juga berada di kecamatan sekitarnya. Hal ini merupakan kekayaan yang harus dirawat dan dijaga agar destinasi wisata Gunung Bromo tetap digandrungi wisatawan khususnya mancanegara.

"Pengembangan destinasi wisata penunjang Gunung Bromo seperti Air Terjun Madakaripura dengan ritual Mendak Tirta ini juga menjadi perhatian kami agar tercipta keseimbangan pembangunan ekonomi masyarakat," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
Viral