Air terjun di Manggarai yang cocok untuk self-healing.
Sumber :
  • Jo Kenaru/tvOne

Manggarai Punya Tiga Air Terjun di Satu Aliran Sungai, Cocok untuk Wisata Self-Healing

Senin, 18 Juli 2022 - 11:55 WIB

Manggarai, Nusa Tenggara Timur – Manggarai punya tiga air terjun di satu aliran sungai. Keindahan alam ini cocok untuk wisata self-healing.

Jejak di atas petak-petak sawah milik petani Dusun Gonggong membawa langkah kaki menuju Kali Wae Tesem yang melarung tenang di bawah lembah.

Menuruni tanah licin harus lincah. Sebab, jika terjatuh bisa menimpa batang padi. Pematang terakhir di tepi sungai menandakan perjalanan ke air terjun semakin dekat.

Poco Kuwus yang berada pada ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut meluncurkan air pegunungan yang bersih ke bawah ngarai Wae Tesem dan memisahkan Kecamatan Welak Manggarai Barat dan Kecamatan Lelak.

Teladas yang berlokasi tak jauh dari kebun warga tampak riam. Indah dipandang bak tirai berbuih. Ya, inilah air terjun pertama yang dinamai Cunca Tara.

Cunca Tara diartikan sebagai air terjun yang indah. Secara harafiah, cunca berarti air terjun dan tara berarti rupa. Dengan kata lain, dapat pula dimaknai keindahan air terjun yang tiada tara.

Kolam Cunca Tara sangat nyaman untuk mandi. Ketinggian pancuran tidak lebih dari 7 meter dengan kedalaman kolam mencapai 4 meter.

Untuk mencapai air terjun kedua, tinggal berpindah beberapa meter saja. Air terjun kedua dinamakan Cunca Reha yang berarti air terjun di tengah-tengah.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:09
02:29
02:19
01:59
05:50
00:36
Viral