Prosesi pengambilan air destinasi wisata Dewi Pancuran Desa Kiringan, Kecamatan Boyolali..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Manfaatkan Sumber Mata Air, Wisata Dewi Pancuran jadi Destinasi Baru di Boyolali

Jumat, 26 Agustus 2022 - 09:46 WIB

Boyolali, Jawa Tengah – Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah akan memiliki destinasi wisata baru yang berada di Desa Kiringan, Kecamatan Boyolali yang bernama Dewi Pancuran yang memanfaatkan sumber mata air dan embung.

Salah satu tokoh masyarakat Joko Sumarno mengatakan, sebagai bentuk rasa syukur akan dibukanya obyek wisata baru tersebut, diadakan upacara pengambilan air dari sumber Dewi Pancuran oleh tiga putri desa dengan diiringi gunungan berupa hasil bumi.

“Itu untuk penguripan Dusun Kiringan agar lohjinawe. Semua masyarakat dapat segar, ayem dan tentrem,” kata Joko Sumarno kepada wartawan, Kamis (25/8/2022).

Sementara Kepala Desa Kiringan, Sri Wuryanto menjelaskan bahwa Dewi Pancuran tersebut merupakan sumber mata air yang sepanjang masa tidak akan surut meskipun di musim kemarau. Sehingga, pancuran tersebut menjadi sumber pengairan serta menjadi sumber penghidupan masyarakat sekitar.

“Kita ada potensi desa yang sangat memadai. Kita gali potensi potensi desa yang ada di sini itu nanti kita hidupkan jadi nanti harapan kami nanti bisa mendapatkan pendapatan asli desa dari desa wisata Dewi Pancuran,” ungkapnya.

Foto: Prosesi pengambilan air saat pembukaan destinasi wisata Dewi Pancuran (Agus Saptono)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral