Kucing.
Sumber :
  • Freepik.com

Pemilik Kucing Wajib Tahu! Segini Berat Badan Ideal Si Anabul dan Cara Menjaganya Tubuhnya Tetap Sehat

Selasa, 14 Februari 2023 - 23:51 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Saat ini ada banyak sekali masyarakat yang memilih seekor kucing sebagai hewan peliharaan mereka di rumah selain memelihara seekor anjing atau burung.

Tak heran saat ini kucing menjadi salah satu jenis hewan yang cukup populer untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan oleh kebanyakan orang, mulai dari kucing dengan ras tertentu sampai kucing liar atau kampung.

Punya wajah yang lucu dan juga bentuk tubuh yang sangat menggemaskan membuat banyak orang memilih kucing sebagai peliharaan mereka. Selain itu juga sifat kucing yang mudah bersahabat menjadi alasan lainnya.

Tapi sebagai pemilik kucing anda juga perlu memastikan kesehatan mereka, anda pasti tidak ingin kucing peliharaan anda di rumah tiba-tiba sakit atau menderita penyakit tertentu.

Salah satu cara untuk memastikan kesehatan dari seekor kucing adalah dengan mengatur berat badan mereka. Karena berat badan yang berlebih atau malah kurang bisa menjadi salah satu tanda kalau kucing anda tidak sehat.

Maka dari itu, melansir dari situs WebMD, berikut ini segala informasi terkait berat badan ideal dari seekor kucing yang sehat.

Berat Badan Ideal Seekor Kucing

Seekor kucing rumahan yang sehat umumnya memiliki berat badan ideal sebesar 10 pon atau 4,5 kg meskipun angka tersebut tidak pasti karena menyesuaikan dengan ras dan kerangka setiap kucing.

Misalnya seekor kucing dari ras Siam memiliki berat ideal sebesar 2,2 kg sedangkan seekor kucing dari ras Maine Coon dikatakan sehat jika mereka punya berat ideal seberat 11 kg.

Bukan hanya itu, berat badan ideal kucing juga dapat ditentukan dari faktor usia, jenis kelamin, ras, dan aktivitas mereka sehari-hari. Tapi pada umumnya seekor kucing punya berat ideal sekitar 4-5 kg

Karena seekor kucing yang terlalu gemuk atau kurus memiliki resiko yang tinggi untuk terkena beragam penyakit. Ketika kucing anda terlalu gemuk punya resiko besar terkena penyakit jantung, diabetes, dan masalah tulang. 

Sedangkan seekor kucing yang terlalu kurus sangat memiliki resiko tinggi kekurangan nutrisi dan masalah kesehatan lainnya.

Cara untuk Mengukur Berat Badan Kucing

Agar bisa mengetahui kalau kucing anda memiliki berat badan yang ideal, anda bisa menggunakan timbangan untuk hewan peliharaan atau dengan membawa kucing kamu ke dokter hewan.  

Karena penting untuk mengukur berat badan mereka secara rutin dan untuk memastikan berat badan yang tepat pada kucing peliharaan anda.

Berikut ini beberapa cara untuk mengukur berat badan kucing:

Gunakan Timbangan Hewan

Menggunakan timbangan hewan adalah cara paling tepat dan juga sangat akurat untuk mengukur berat badan dari kucing peliharaan anda. Anda bisa membeli timbangan hewan atau mendatangi dokter hewan untuk menimbang kucing.

Lihat Fisik Mereka

Cara lain untuk mengetahui berat badan kucing anda adalah dengan melihat bentuk fisik mereka. Kucing dengan berat badan yang sehat harus memiliki tulang yang terlihat namun tidak terlalu jelas dan perut yang lembut namun tidak terlalu buncit.

Cara Menjaga Berat Badan Ideal Kucing

Untuk memastikan kucing anda memiliki berat badan yang ideal, penting untuk memastikan mereka menerima makan yang tepat dan cukup aktivitas fisik.

Ini bisa dilakukan dengan memberikan mereka makan yang seimbang dan bergizi, dan memastikan mereka berolahraga secara rutin melalui permainan atau berjalan-jalan. 

Jika kucing anda kelebihan berat badan, penting untuk membatasi jumlah makan dan meningkatkan aktivitas fisik mereka. Sebaliknya, jika kucing anda terlalu kurus, penting untuk meningkatkan jumlah makan dan memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan. (akg)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral