Kolase foto Marsinah aktivis buruh (kiri) dan Dokter Forensik dr. Abdul Mun'im Idris..
Sumber :
  • Kolase tvOnenews.com / Wikipedia / VIVA

Kisah Kematian Marsinah, Aktivis Perempuan yang Meninggal Tragis, dr. Mun'im Idris Ungkap Fakta Ini

Rabu, 22 Maret 2023 - 11:54 WIB

tvOnenews.com - Kisah tragis kematian Marsinah, yang tepatnya 29 tahun lalu sang aktivis Buruh dibunuh secara keji di rezim orde baru. Adapun, Dokter Forensik dr Mun'im Idris ungkap fakta kematian sang aktivis HAM.

Marsinah adalah seorang buruh di PT Catur Surya (CPS), merupakan sebuah pabrik pembuat jam yang berada di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur.

Marsinah dikenal sangat vokal menyuarakan hak-hak buruh semasa hidup.

Nama dr. Abdul Mun'im Idris tidak lepas ketika membicarakan kisah kematian Marsinah, hal itu karena dr. Mun'im Idris menjadi ahli forensik yang kala itu diminta untuk menjadi saksi ahli dari terdakwa pembunuh Marsinah.

Marsinah menjadi salah satu simbol perjuangan dan perlawanan kaum buruh. Hal ini karena semasa hidupnya beliau sering menyuarakan hak-hak kaum buruh.

Perjuangannya pun harus terpaksa berhenti setelah ia diculik, disiksa, diperkosa hingga dibunuh dan kemudian ditemukan tewas pada 9 Mei 1993.


Sejumlah aktivis melakukan aksi "Kamisan" mengenakan topeng wajah Marsinah untuk mengenang kematian Marsinah di kawasan by pass, Karawang, Jawa Barat, Kamis (9/5/2019). Aksi tersebut untuk mendesak pemerintah agar mengusut tuntas kasus pembunuhan aktivis buruh Marsinah yang dibunuh 26 tahun silam pada 8 Mei 1993. (ANTARA JABAR/M Ibnu)

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral