Ilustrasi pemeriksaan kanker kelenjar getah bening.
Sumber :
  • Freepik

Bukan Hanya Benjolan, Ini Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening yang Jarang Disadari, Ternyata Keluhan yang Satu ini Juga Termasuk

Senin, 8 Mei 2023 - 15:43 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Kanker kelenjar getah bening menjadi salah satu jenis kanker yang sangat mematikan, namun banyak ditemukan di Indonesia.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kemenkes RI, kanker kelenjar getah bening atau limfoma merupakan kanker yang disebabkan oleh sel darah putih yang berubah menjadi ganas.

Sel darah putih tersebut memperbanyak diri dengan tidak terkendali pada kelenjar getah bening atau di organ-organ pembentuk sel darah putih. Limfoma sendiri dibagi menjadi 2 kategori yakni limfoma non hodgkin (LNH) dan limfoma hodgkin (LH).

Salah satu public figure yang wafat karena kasus kanker kelenjar getah bening adalah Ustaz Arifin Ilham. Diketahui Ustaz Arifin Ilham telah meninggal dunia karena penyakit ini pada 22 Mei 2019.

Namun yang jarang disadari sebenarnya tanda kanker kelenjar getah bening bukan hanya benjolan saja. Beberapa hal berikut juga merupakan gejala kanker kelenjar getah bening yang jarang disadari.

Demam dan berkeringat di malam hari

Demam sebenarnya adalah kondisi yang wajar dan cukup sering terjadi. Sayangnya, demam juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang terkena infeksi. Dilansir dari Hellosehat, demam bisa menjadi tanda awal adanya kanker getah bening atau limfoma dalam tubuh.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:01
00:52
01:49
01:18
14:22
10:10
Viral