Ilustrasi seseorang sedang dipenjara.
Sumber :
  • Freepik

Sering Salah Kaprah Diartikan, Ini Arti Sesungguhnya Pidana Penjara Seumur Hidup yang Didapatkan Teddy Minahasa

Senin, 15 Mei 2023 - 04:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Jatuhnya vonis penjara seumur hidup untuk mantan Kapolda Sumatra Barat Irjen Pol Teddy Minahasa membuat publik penasaran dengan hukuman satu ini.

Diketahui majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup untuk Teddy Minahasa atas kasus mengedarkan narkoba jenis sabu (9/5/2023).

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat menilai Teddy Minahasa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah karena terlibat dalam peredaran sabu sebagaimana dakwaan jaksa penuntut umum (JPU).

Mengenai hukuman penjara seumur hidup, selama ini masih banyak orang yang keliru mengartikan pidana satu ini.

Ada sebagian masyarakat yang beranggapan bahwa durasi pidana seumur hidup adalah sesuai umur ketika orang tersebut melakukan tindak pidana. Misalnya, jika seseorang melakukan tindak pidana pada usia 30 tahun, maka hukuman penjara akan dilaksanakan selama 30 tahun juga.

Padahal hukuman penjara seumur hidup tidak berarti demikian. Dilansir dari kanal YouTube Diskusi Hukum, pidana seumur hidup yaitu terpidana harus menjalani hukuman di dalam penjara sampai yang bersangkutan meninggal dunia.

Singkatnya, terpidana penjara seumur hidup akan menjalani seumur hidupnya di dalam penjara. Pidana seumur hidup ini sebenarnya termasuk dalam salah satu jenis pidana penjara yang berlaku di Indonesia berdasarkan dalam pasal 12 KUHP.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral