Berikut Deretan Alat Musik Tiup yang Dapat Dipelajari oleh Pemula.
Sumber :
  • Freepik

Berikut Deretan Alat Musik Tiup yang Dapat Dipelajari oleh Pemula

Minggu, 21 November 2021 - 19:01 WIB

Jakarta -  Dewasa ini, alat musik tiup semakin populer dan mulai banyak digemari. Bahkan tak sedikit orang awam yang ingin mempelajari alat musik tiup ini.

Alat musik tiup merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara. Musik memang tidak akan pernah bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari, bahkan tidak jarang ada orang yang melakukan aktivitas dengan memainkan satu sampai beberapa alat musik sekaligus. 

Selain itu, untuk getaran udara yang dihasilkan oleh alat musik tiup dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan getaran udara yang terjadi dalam instrumen musik. Kedua, bergetar tapi tidak terkandung dalam instrumen itu sendiri, layaknya akordeon atau harmonika. 

Pada abad ke-17 dan ke-18 saat kemunculan orkestra, alat musik dibedakan atas bahan pembuatannya, yaitu alat musik tiup dari kayu dan alat musik tiup dari kuningan. Nah, bagi kamu yang penasaran mengenai alat musik tiup ini, yuk simak ulasan berikut yang dilansir dari Viva. 

1. Suling 
Alat musik tiup selanjutnya adalah seruling atau suling. Alat musik ini cukup mudah dimainkan walaupun untuk pemula. Seruling terbuat dari bahan dasar bambu. 

Alat musik tiup ini memiliki enam lubang sampai tujuh lubang. Menariknya, umur dan tingkat kekerasan bambu akan sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Oleh sebab itu, bila kamu ingin membeli alat musik ini, jangan ragu untuk menanyakan umur dan kekerasan bentuk bambunya. 

2. Saxophone 
Alat musik tiup ini cukup populer dalam acara-acara resmi. Nama saxophone atau saksofon didapat dari nama penemu alat musik ini, yaitu Adolphe Sax. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral