Roti ganjel rel khas Semarang..
Sumber :
  • tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Roti Ganjel Rel Khas Semarang, Kuliner Tempo Dulu Tak Lekang Waktu

Senin, 10 Januari 2022 - 10:55 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Roti ganjel rel. Nama yang unik. Disebut begitu karena bentuknya yang kotak memanjang mirip bantalan rel kereta api atau ganjel rel. Juga waktu pertama dibuat dulu teksturnya keras karena terbuat dari gaplek atau singkong yang dikeringkan.

Ini adalah roti khas Semarang. Namun roti tempo dulu tersebut sudah sangat jarang ditemui. Hanya beberapa toko saja yang masih setia membuatnya.

Menurut Umi (42), salah satu generasi penerus usaha roti ganjel rel di Kauman Semarang, sebenarnya roti ini pertama dibuat oleh orang Belanda dengan bahan gandum. Lalu warga lokal menirunya. Lantaran gandum waktu itu mahal, mereka menggantinya dengan tepung gaplek atau singkong yang dikeringkan.

"Yo mesti lah, hasilnya tidak mengembang seperti roti buatan orang Belanda itu, tapi bantat atau keras. Nah dari sinilah kemudian muncul istilah roti ganjel rel yang kotak memanjang dan keras agak alot gitu," tutur Umi.

Seiring perkembangan jaman dan tepung sudah murah, maka bahan baku roti ganjel rel diganti lagi dengan tepung terigu.

"Tapi bahan lainnya yang bikin khas tetap memakai racikan asli. Seperti gula palem dan rempah rempah. Ini yang membuat rasa roti ganjel rel sangat khas terutama aroma kayu manis yang kuat," tambahnya.

Bahan yang sudah dicampur hingga kalis lalu dipanggang hingga matang. Pada permukaannya ditaburi biji wijen.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral