Ibu rumah tangga mengolah labu kuning di Bulungcangkring, Jekulo, Kudus, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Meraup Untung dari Mengolah Labu Kuning Menjadi Tepung

Rabu, 19 Januari 2022 - 13:18 WIB

Kudus, Jawa Tengah - Setelah berhasil membuat usaha aneka kue dengan bahan dasar labu segar, warga Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo, Kudus, Jawa Tengah kembali mengembangkan usahanya dengan mengolah labu kuning menjadi tepung labu. Tepung ini selain digunakan untuk bahan membuat kue juga dipesan konsumen untuk bahan kosmetik.

Adalah Nurhayati, seorang ibu rumah tangga asal Desa Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang membuat aneka olahan dengan memanfaatkan sayuran jenis labu kuning. Dengan olahan tersebut Nurhayati dapat membuat aneka kue kering maupun basah seperti donat, brownies basah maupun kering.

Nurhayati menuturkan ide awal membuat tepung labu tersebut muncul di saat puncak puncaknya pandemi Covid-19. Saat itu pesanan kuenya sepi sedangkan banyak petani yang menawarkan labu kuning kepadanya. Agar labu tersebut tidak sia-sia akhirnya dirinya mencoba untuk membuat tepung labu.

“Awalnya saat mulai pandemi banyak petani labu yang menawarkan labunya dan saya coba bikin tepung labu. Satu setengah kilo labu segar hanya bisa jadi 115 gram tepung labu. Makanya saya butuh lebih banyak lagi labu dan itu tentu saja bisa membantu para petani labu.” kata Nurhayati.

Untuk membuat tepung labu tersebut dirinya masih mengandalkan panas matahari, karena belum memiliki alat pengering elektronik. Sehingga di saat musim hujan seperti ini menjadi kendala bagi dirinya.
 
Seiring berjalannya waktu dirinya terus mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan bahan dasar berbahan dasar labu kuning atau waluh, kini Nurhayati berhasil membuat olahan labu kuning menjadi tepung.

Setelah jatuh bangun merintis usaha sejak tahun 2017, akhirnya usahanya kini sukses dengan mengembangan bisnis olahan labu dan mulai dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini terlihat dengan adanya pesanan tepung labu dari luar yang digunakan untuk pembuatan kue dan juga sebagai bahan pembuatan kosmetik.

Olahan berbahan dasar labu kuning ini selain memiliki banyak kandungan kesehatan, juga bisa membuat lidah penikmatnya bergoyang. Salah satu pelanggan mengatakan kue dari labu kuning ini bisa menjadi primadona baru.

Pasalnya, bisa sebagai pengganti tepung terigu yang sudah biasa digunakan. Dengan kue dari labu ini memiliki banyak kandungan yang menyehatkan.

“Rasanya makanan yang berbahan dasar labu kuning ini lain ya memang enak dan nggak seperti biasanya yang pakai tepung terigu. Pokoknya enak nggak bisa dibayangkan.” Tutur Nora Kusfiani salah seorang pelanggan.

Selain aneka kue basah dan tepung, di tangan Nurhayati ini labu kuning juga dapat dibuat minuman seperti dawet labu yang segar dan nikmat. Nurhayati akan terus berinovasi dengan labu kuningnya agar bisa lebih bermanfaat dan tentunya menambah pundi pundi rupiah. (Galih Manunggal/Buz)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
04:06
01:58
01:04
09:13
02:42
Viral