Resep ayam geprek.
Sumber :
  • cookpad.com

Mudah dan Bikin Nagih! Begini Resep Ayam Geprek dan Cara Membuatnya

Rabu, 9 Maret 2022 - 16:08 WIB

Pernahkah kamu tiba-tiba merasa lapar tapi bingung mau makan apa? Atau kamu punya banyak bahan makanan yang bisa diolah tapi kamu lagi mager masak?

Salah satu masakan andalan yang bisa menjawab semua permasalahan tersebut adalah ayam geprek. Resep ayam geprek terbilang murah dan bisa dibeli dimanapun, mengolahnya pun tak perlu sampai repot-repot seperti membuat cake atau spaghetti. Bahkan satu-satunya momen dimana kamu bisa berkeringat sebenarnya hanya saat kamu makan ayam geprek, bukan saat memasaknya.

Karena murah meriah, simpel, serta enak dan mengenyangkan, tak heran ayam geprek kini semakin populer sebagai sajian ayam. Kamu bisa meracik sendiri ayam geprek versi kamu yang pedas dan gurih atau kamu juga bisa mencarinya dengan mudah di pinggir jalan atau pesan antar lewat aplikasi online.

Sesuai dengan namanya, sajian ini berupa ayam goreng (biasanya ayam goreng tepung yang mempunyai tekstur kulit renyah) yang digeprek atau dimemarkan bersama sambal rawit merah yang sudah diulek kasar.

Sebagai pengetahuan, ayam geprek ini lahir di Kota Pelajar alias Daerah Istimewa Yogyakarta. Geprek sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti dipukul atau ditekan hingga hancur.

Konon ada seorang mahasiswa perantau asal Kalimantan yang sering membeli ayam goreng krispi di bilangan Papringan dan meminta penjualnya untuk menggepreknya serta mencampurnya dengan sambal. Menu tersebut ternyata kemudian booming sehingga kini banyaknya penjual ayam geprek di seantero Indonesia.

Cara mengolah resep ayam geprek terbilang sederhana karena hanya perlu mengolah dua bahan utama yakni ayam goreng tepung dan sambal. Saat ingin lebih cepat dan praktis, kamu juga bisa membeli ayam goreng tepung yang tersedia dimana-mana dalam berbagai merk dagang.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:43
05:47
03:09
02:04
02:28
04:12
Viral