Makanan Khas Semarang, Wingko..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Mudik Dibolehkan, Perajin Wingko Semarang Sambut Gembira dan Tambah Produksi

Kamis, 31 Maret 2022 - 11:30 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Keputusan pemerintah untuk memperbolehkan mudik tahun ini membuat pelaku usaha kuliner di Kota Semarang sumringah. Pasalnya, Kota Semarang termasuk salah satu daerah yang setiap tahun dibanjiri pemudik.

Produksi oleh-oleh pun akan laris manis kali ini, setelah dua musim lebaran sebelumnya mudik dilarang atau paling tidak diperketat dengan beragam aturan yang menyulitkan pelaku perjalanan.

Perajin makanan khas Semarang, wingko termasuk yang akan merasakan dampak adanya mudik lebaran tahun ini. Sebab, wingko termasuk oleh-oleh yang paling laris di Semarang.

Salah satu perajin wingko, Junaedi mengatakan, larangan mudik pada dua musim lebaran lalu cukup berdampak pada usaha yang digelutinya sejak puluhan tahun lalu. Larangan mudik dan ditutupnya sejumlah tempat wisata praktis membuat produksinya turun drastis.

"Dua tahun sudah ibaratnya kita puasa, akibat Covid-19. Omset menurun akibat banyaknya pembatasan. Alhamdulillah kita tidak mengurangi karyawan, tapi tetap terpaksa kita kurangi jam kerja, jadi setengah bulan yang shift ini masuk, setengah bulan lainnya shift yang lainnya masuk, dan mereka menerima," jelas Junaedi, saat dihubungi tvOnenews, Kamis (31/3/2022). 

Momen mudik yang dibolehkan tahun ini, lanjutnya, memberi harapan bagi pelaku usaha oleh-oleh, termasuk perbaikan gaji karyawan yang sudah tertunda.

"Mudah-mudahan kita bisa menaikkan gaji karyawan dengan adanya perbaikan situasi saat ini," harapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral