Resep opor ayam yang lezat dan gurih.
Sumber :
  • thegorbalala.com

Gurih dan Lezat, Berikut Resep Opor Ayam untuk Menemanimu Berbuka

Selasa, 5 April 2022 - 14:55 WIB

Resep opor ayam adalah salah satu resep favorit yang selalu dicari jelang bulan Ramadhan, terutama pada sebelum momen lebaran Idul Fitri. Hingga kini, hidangan opor ayam masih sering terlihat menghiasi ruang makan di pagi hari saat lebaran.
Tak sedikit yang bercerita bahwa gurihnya resep opor ayam memiliki sejuta kenangan merayakan momen suci 1 Syawal di kampung halaman bersama orang - orang tercinta.

Makanan yang identik dengan kuah santan dan cita rasa yang gurih ini juga sering dihidangkan dalam acara - acara tertentu.
Opor ayam memang menjadi menu andalan karena terbilang sederhana dan mudah dibuat. Namun demikian, setiap daerah biasanya memiliki karakteristik cita rasa opor ayam yang berbeda. Hal ini pun terlihat dari menu sampingan opor yang berbeda - beda.

Di pulau Jawa, khususnya Jawa Barat dan Jakarta opor ayam biasanya dihidangkan bersama ketupat dan sayur labu atau kacang panjang. Jawa Tengah khususnya Jogja menyediakan opor ayam bersama lauk yang lazim digunakan pada hidangan nasi gudeg. Sedangkan di Sumatra, opor ayam biasa menyandingkan opor ayam dengan telur balado, rendang, dan keripik pedas. Di Kalimantan sendiri resep opor ayam kerap dipadukan dengan sambal goreng ati dan emping melinjo.

Apapun pairing-nya, resep opor ayam terbukti menjadi menu yang populer dan menggugah selera di berbagai budaya kuliner Indonesia. Menu sarat kalori ini juga versatile karena mudah dipadupadankan dengan menu - menu lezat lainnya.
Berikut daftar bahan - bahan serta cara memasak resep opor ayam.

Bahan - Bahan

1 ekor ayam (700 g) potong 12 bagian
3 lembar daun jeruk, buang tulangnya dan iris memanjang
4 lembar daun salam
2 batang serai yang dimemarkan
400 ml santan
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng untuk menumis secukupnya
1 liter air

Bumbu halus

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
02:26
Viral