Camilan lebaran, Egg Roll berbahan baku oyek..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Camilan Lebaran Egg Roll Oyek, Rasanya Unik

Kamis, 21 April 2022 - 14:35 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Dikalangan masyarakat pedesaan makanan oyek tentu sudah tak asing lagi. Olahan kuliner tradisional berbahan dasar singkong ini sering dijadikan makanan pengganti nasi. 

Namun, ditangan Suswati (49) warga Desa Jatinegara, Kecamatan Sempor, Kebumen, Jawa Tengah, oyek diolah menjadi aneka kue kering yang lezat dan kekinian. Seperti kue egg roll oyek, dan kue nastar oyek. 

Aneka olahan oyek menjadi kue kering ini bisa menjadi pilihan untuk sajian camilan saat lebaran tiba.

Pecinta kue kering akan dibuat penasaran dengan varian rasa yang terbilang aneh ini, jika biasanya bahan baku berupa tepung terigu kali ini bahan baku kue kering dari oyek. 

"Ini pilihan rasa yang beda pada umumnya kue kering, dijamin pilihan rasa oyek tersebut menawarkan sensasi yang berbeda kepada penikmatnya," ujar Suswati sembari membuat adonan kue kering dari oyek, Rabu (20/4/2022). 

Layaknya egg roll biasa, egg roll oyek terbuat dari telur, gula pasir, susu terigu, mentega, dan tentunya oyek sebagai bahan utama. Setelah adonan jadi lalu dimasukkan ke dalam cetakan, kemudian di-press. Proses penggilingan adonan hingga menjadi egg roll oyek siap kemas dibutuhkan waktu 2,5 jam. 

"Saya itu penggemar cemilan egg roll, tapi tekstur egg roll dari oyek ini beda, tidak  mudah hancur lebih berserat dan saat dikunyah rasa gurihnya lebih terasa. Pokoknya unik rasanya mas," kata Puput seorang penikmat egg roll oyek. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral