Suasana Tol Cipali..
Sumber :
  • Instagram/@cctvcirebon185

Tol Cipali yang Diidamkan sejak Zaman Soeharto terus Merenggut Nyawa, Batu Bleneng jadi Saksinya

Senin, 4 Juli 2022 - 13:52 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo menjadi kepala negara Republik Indonesia yang berhasil menuntaskan proyek nasional Tol Cipali (Cikopo - Palimanan). Perencanaan pembangunan tol sepanjang 116 KM ini ternyata sudah ada sejak zaman Presiden Soeharto. Hal tersebut dapat dilihat dalam catatan Dinas Bina Marga Kabupaten Subang pada 1996.

Namun ambisi The Smiling General membangun Tol Cipali harus berhenti lantaran krisis moneter melanda pada 1998. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kemudian berminat untuk melanjutkan proyek tersebut. Pendiri partai Demokrat itu bahkan bertekad merampungkan Tol Cipali sejak periode pertamanya tahun 2004.

Menteri Pekerjaan Umum saat itu Djoko Kirmanto menganggarkan dana mencapai Rp.12,56 triliun untuk proyek Tol Cipali. Sayangnya sampai akhir masa jabatan dua periode pun, SBY tidak mampu menyelesaikannya.

Sulitnya pembebasan lahan di daerah Subang dan Cirebon menjadi faktor penghambat terbesar. Jalur yang direncanakan untuk Tol Cipali mengenai 32 tanah milik pondok pesantren di Kecamatan Babakan Cirebon. Selain itu pembangunan Tol Cipali dikhawatirkan akan mendestruktif situs-situs budaya dan sosial masyarakat yang diklaim sudah ada sejak ratusan tahun.

Barulah pada era Presiden Joko Widodo mega proyek ini rampung. Tepat pada tanggal 13 Juni 2015, Jokowi meresmikan tol yang saat itu menjadi yang terpanjang di Indonesia menghubungkan Cikopo Purwakarta dengan Palimanan Cirebon. PT Lintas Marga Sedaya (LMS) ditunjuk sebagai operator tol.

Sejak saat itu sejumlah kecelakaan maut terus terjadi. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mencatat rata-rata terjadi 36 kecelakaan di Tol Cipali setiap bulannya. Warga sekitar percaya keberadaan batu raksasa bernama Batu Bleneng di kilometer 182 memiliki kekuatan mistis tersendiri.

“Pernah sekali pas tengah malam, posisi memang ngantuk terus ada perasaan deg-degan juga karena ada warning (peringatan) di KM sekian, ada rasa takut juga. Kita jalan aja, klakson permisi. Kalau lewat situ jangan kenceng-kenceng. Banyak pengendara (yang faham) kalau udah lewat situ pasti pelan,” ungkap Adit warga yang memberi kesaksian akan unsur mistis Batu Bleneng Tol Cipali, dilansir Cumicumi.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral