Potret penemuan ikan predator raksasa setelah banjir di Garut.
Sumber :
  • Tangkapan Layar Instagram

Viral Ikan Predator Raksasa Sungai Amazon Muncul di Garut Setelah Banjir, Ditangkap Warga Lalu Langsung Disantap

Selasa, 19 Juli 2022 - 12:34 WIB

Jakarta – Jagat maya dihebohkan dengan sebuah video viral yang memperlihatkan penemuan ikan raksasa setelah banjir bandang melanda kawasan Garut, Jawa Barat pada Jumat (15/7/2022).

Warga disekitar kawasan Sungai Cipeujeuh, Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Jawa Barat geger setelah munculnya 3 ekor ikan yang berukuran sangat besar setelah banjir. Setelah ditelusuri, ternyata ikan tersebut adalah ikan berjenis Arapaima Gigas yang merupakan ikan predator yang memiliki habitat asli di Sungai Amazon, Brazil.

Viral Ikan Predator Raksasa Muncul Setelah Banjir di Garut, Ditangkap Warga Lalu Langsung Disantap
Sebuah video yang diunggah akun Instagram @fakta.indo, memperlihatkan cuplikan penangkapan ikan predator raksasa berjenis Arapaima Gigas. Saking besarnya, ikan tersebut ditangani oleh beberapa orang. Dalam video, ikan yang memiliki warna hitam keabu-abuan dan moncong khas yang runcing tampak lemas dan tak berdaya.

¨Warga Garut dihebohkan oleh seekor ikan raksasa yang terdampar dan ditemukan pasca banjir. Ikan tersebut ditemukan warga di daerah Cipejeuh dekat Dayeuhandap, Garut, Jumat (15/07/22),¨ tulis akun Instagram tersebut.

Diketahui, penemuan ikan predator raksasa tersebut bertotal 3 ekor yang ditemukan secara berturut-turut hingga hari Minggu (17/7/2022). Para warga pun akhirnya memutuskan untuk memasak ikan-ikan tersebut untuk disantap.

Ikan berjenis Arapaima Gigas merupakan ikan tawar terbesar yang memiliki habitat asli di lembah Sungai Amazon dan perairan Tropis. Ikan jenis ini juga pernah ditemukan di Papua Nugini dan Australia bagian utara. Ikan Arapaima Gigas sempat dilarang untuk dibudidayakan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun 2018 karena dinilai sebagai ikan predator yang dapat mengganggu ekosistem ikan air tawar di Indonesia.

Penemuan ikan predator raksasa yang memiliki habitat asli jauh di Sungai Amazon sontak menuai berbagai komentar dari para netizen.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral