Tradisi tawuran nasi di Desa Pelemsari, Kec. Sumber, Kab. Rembang, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Serunya Puluhan Warga Tawuran Nasi Dalam Tradisi Sedekah Bumi di Rembang

Kamis, 11 Agustus 2022 - 10:44 WIB

Rembang, Jawa Tengah - Tawuran yang satu ini diperbolehkan, bahkan mendapatkan dukungan warga sekampung. Tawuran ditonton banyak orang, karena telah menjadi agenda rutin setiap tahun. Ya, tawuran tersebut adalah tawur atau perang nasi, sebuah tradisi unik di Desa Pelemsari, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Sejak pagi warga Desa Pelemsari, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, ramai berbondong – bondong menuju ke sebuah tanah lapang, dekat dengan lokasi punden atau makam pendiri desa tersebut, Rabu (10/8/2022).

Setiap warga membawa sebakul nasi, kemudian langsung dikumpulkan menjadi satu. Kepala desa dan perangkat desa Pelemsari bersama tokoh masyarakat terlebih dahulu memanjatkan do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa, supaya desa terbebas dari berbagai macam musibah dan serangan hama, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat.

Setelah itu, tawur nasi dimulai. Suasana yang semula tenang, sontak berubah menjadi kisruh. Antar warga saling serang dengan melemparkan nasi ke tubuh warga lainnya yang diincar.

Meski terjadi saling serang, tidak tampak adanya warga yang marah. Malahan mereka terlihat tertawa terbahak bahak karena menyadari perang nasi ini sebagai tradisi budaya yang harus dilestarikan. Usai tawuran nasi, sama sekali tak ada rasa dendam.

“Tadi ya saya lemparkan nasi ke tubuh warga yang saya incar dengan sekeras kerasnya layaknya orang tawuran. Tapi kami nggak ada rasa sakit hati dan dendam, karena ini tradisi turun temurun yang sudah ada sejak jaman kakek nenek kami,” ujar salah seorang warga, Edi Rimba.

Kepala Desa Pelemsari, Maswit mengatakan, tradisi perang nasi tersebut merupakan bagian dari bersih desa sebagai upaya untuk menangkal hal buruk yang akan menimpa desanya serta sebagai wujud syukur kepada alam dan tuhan atas panen yang diperoleh warga desa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:09
01:56
00:49
01:46
04:06
Viral