Serabi ngampin, camilan Khas Ambarawa..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Serabi Ngampin, Camilan Klasik Khas Ambarawa

Selasa, 16 Agustus 2022 - 09:22 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Serabi ngampin adalah nama kudapan atau camilan khas Ambarawa yang biasa disebut oleh masyarakat sekitar Ambarawa Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Berbeda dengan serabi solo, serabi ngampin ini disajikan berkuah dan bisa dinikmati dalam keadaan dingin menggunakan es batu atau hangat.

Serabi Ngampin biasanya dijajakan oleh masyarakat Desa Ngampin yang berjajar di Jalan Raya Bawen-Yogyakarta tepatnya di Kelurahan Ngampin Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang.

Awal mula kue serabi ini dijual tanpa kuah atau mirip dengan serabi pada umumnya yang sering dijumpai di daerah lain. Namun seiring perkembangan serabi ngampin disajikan didalam kuah atau juroh yang terbuat dari olahan santan dan gula jawa serta dimasak menggunakan daun pandan sebagai aroma pewangi.

Untuk mengangkat kembali keaslian serabi ngampin, masyarakat lingkungan RW 3 Lonjong Kelurahan Ngampin Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang mengadakan Festival Serabi Klasik.

Paisah (64), seorang penjual serabi mengatakan ada perbedaan antara serabi klasik dengan yang dijual saat ini terutama soal kuah atau juroh.

" Kalau dulu dijual tidak pakai kuah atau juroh, dan ukurannya lebih besar. Tapi sekarang masyarakat jualnya disertai dengan kuah dan ukurannya kebih kecil. Namun jika masyarakat pilih tanpa kuah juga tetap bisa dinikmati," jelasnya. Senin (15/8/2022).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral