Ilustrasi. Kompos.
Sumber :
  • tim tvonenews

4 Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sisa Makanan

Rabu, 21 Desember 2022 - 12:16 WIB

Tanaman yang subur tentunya memerlukan perawatan ekstra, yaitu dengan memberikan pupuk dan menyiramnya secara rutin. Banyak orang memilih pupuk kompos  untuk menutrisi tanaman yang dimilikinya.

Apalagi, membuat pupuk kompos sendiri di rumah cukup mudah. Soalnya, kita hanya perlu menggunakan sisa makanan. Berikut beberapa tahapan dalam membuat pupuk kompos yang bisa kamu lakukan di rumah. 
 
1. Pisahkan Sampah Makanan 

Langkah pertama adalah pisahkan sampah makanan organik.  dengan memakai tempat sampah berbeda.  Kamu bisa memasukkan sampah makanan yang mudah membusuk di dalam tempat sampah warna hijau. Namun, gunakan plastik di dalam tempat sampah dan tutup rapat supaya tidak bau. 

2. Siapkan Komposter

Komposter adalah bahan yang digunakan untuk mempercepat proses pembusukan pada makanan. Campurkan sampah dan komposter di dalam tempat sampah besar, lalu letakkan di luar rumah. 

3. Tambahkan daun kering

Selain memakai bahan kimia, kamu bisa memakai daun kering untuk mempercepat pembusukan. Daun kering juga dapat berfungsi sebagai nutrisi pada pupuk kompos yang kamu buat. 
Hal yang paling penting adalah pastikan komposisi sampah dan daun kering sekitar 60:40. Gunakan 60 persen sampah organik dan 40 persen daun kering. Setelah itu, tutup rapat agar proses pembuatan pupuk jadi lebih cepat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral