Ilustrasi Lari.
Sumber :
  • Pexels.com

Catat! Buat Pelari Pemula, Coba Metode Run and Walk yang Dinilai Cocok buat Mulai Kebiasaan Lari

Minggu, 1 Januari 2023 - 22:11 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Lari kini menjadi salah satu jenis olahraga yang memiliki cukup banyak pengemar baik di dalam negeri maupun di luar negeri sebagai salah satu upaya untuk tetap menjaga kesehatan bagi tubuh.

Lari dipercaya menjadi salah satu jenis olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan serta memilik banyak manfaat bagi tubuh, maka dari itu banyak sekali mayarakat yang menggemari olahraga satu ini. 

Bukan hanya itu lari juga merupakan olahraga yang simpel dan juga murah dimana anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa menikmati salah satu jenis olahraga populer ini.

Bahkan olahraga lari dapat dilakukan dengan mudah dimana pun dan kapanpun, baik menggunakan alas kaki atau pun tidak menggunakannya keduanya sama-sama memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Namun untuk anda yang baru ingin mencba dan memulai olahraga berlari ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum anda memulai olahraga ini.

Bagi kamu yang baru memulai olahraga lari, atau yang sudah lama tidak berlari dan ingin memulai lagi, namun kekuatan fisik dan stamina belum mampu mengimbangi target jarak dan waktu yang kamu inginkan.

Terdapat metode yang dapat kamu coba untuk meningkatkan stamina dan daya tahan saat berlari. Metode ini bernama Run and Walk, seperti namanya metode ini merupakan gabungan dari dua aktivitas yakni berlari dan berjalan. 

Aktivitas berjalan pada metode ini berfungsi memberikan waktu pemulihan bagi otot ketika berlari. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk pengenalan kepada tubuh terhadap kebiasaan baru, dalam hal ini berlari.

Tapi perlu diingat berjalan pada metode ini tidak sama dengan berjalan santai, kamu tetap berjalan dengan postur seperti berlari yakni badan yang tegap dan mengayunkan tangan serta berjalan dengan kecepatan yang konstan. 

Kamu bisa mengatur sendiri pembagian waktu berlari dan berjalan sesuai dengan kemampuan tubuh kamu, sebagai pemula kamu bisa memperbanyak waktu berjalan dibandingkan waktu berlari. 

Seperti yang kita ketahui metode Run and Walk ini merupakan salah satu bentuk pengenalan tubuh terhadap aktivitas yang cukup intens menggunakan otot dan bertujuan meminimalisir cedera. 

Selain mencegah cedera otot metode ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan dan stamina bagi pelari pemula untuk bisa berlari dengan jarak yang jauh.

Pada metode ini perbandingannya kamu bisa awali dengan jumlah berjalan yang lebih lama dibandingkan berlari, mislanya dalam target berlari selama 15 - 30 menit kamu bisa memulai dengan berjalan selama 3 menit lalu dilanjutkan dengan berlari selama 1 menit lalu dilanjutkan berjalan lagi selama 3 menit dan dilakukan berulang hingga target waktu yang sudah ditentukan. 

Metode ini akan sangat baik jika dilakukan secara rutin untuk terus meningkatkan perbandingan waktu berjalan dan berlarimu sampai terbiasa berlari tanpa berjalan.

Dengan melakukannya secara terus-menerus tubuh akan mulai terbiasa dengan aktivitas berlari, selain itu stamina serta daya tahan tubuh akan meningkat. (akg)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral