Kucing.
Sumber :
  • Freepik.com

Catat! Berikut 3 Cara Simpel dan Efektif untuk Merawat Bulu Kucing Agar Lebat dan Lembut

Minggu, 22 Januari 2023 - 21:29 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kucing kini menjadi hewan yang cukup banyak dipilih oleh kebanyakan orang untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah selain seekor anjing burung atau hewan-hewan lainnya.

Dengan wajah yang lucu dan bentuk tubuh menggemaskan menjadi salah satu alasan yang membuat seekor kucing menjadi salah satu hewan favorit yang kerap dipilih sebagai peliharaan di rumah.

Selain itu sifat seekor kucing yang aktif senang bermain dan juga mudah bersahabat dengan manusia menjadi alasan lain mengapa seekor kucing menjadi pilihan fovorit untuk dijadikan peliharaan di rumah oleh kebanyakan orang.

Untuk anda para pemilik peliharaan kucing di rumah selain wajah lucu dan fisik mereka yang menggemaskan bulu-bulu lebat nan lembut juga menjadi impian anda untuk kucing-kucing peliharaan yang anda pelihara.  

Karena ketika seekor kucing memiliki bulu yang lembut dan lebat, hal tersebut tentu akan membuat seekor kucing terlihat lebih cantik dan sangat nyaman untuk disentuh.

Pada dasarnya kesehatan dan juga nutrisi yang didapatkan oleh seekor kucing dapat memengaruhi kilau dan tekstur dari bulu kucing dari dalam tubuh mereka hal itu juga bisa dibarengi dengan perawatan rutin agar bulu si anabul bisa tetap tumbuh lebat dan bersih.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menyisir bulu-bulu kucing secara teratur yang bertujuan untuk menghilangkan bulu-bulu mereka yang rontok dan sel-sel kulit yang mati.

Bukan hanya itu dengan menyisir bulu kucing secara rutin juga bisa menjaga bulunya bebas dari berbagai macam kotoran dan juga parasit yang menepel di bulu dan juga kulit mereka.

Bahkan dengan rutin menyisir bulu kucing juga dipercaya dapat mendistribusikan minyak kulit alami di sepanjang batang rambutnya.

Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti seekor kucing yang punya bulu panjang panjang, halus, atau keriting perlu disikat setiap hari agar bulunya tidak kusut.

Sementara untuk kucing dengan bulu yang pendek, menyikat tubuhnya tidak sesering kucing dengan bulu yang panjang.

Setelah anda sudah dengan rutin melakukan hal tersebut langkah lain yang bisa anda lakukan agar membuat bulu kucing peliharaan anda lebat dan lembut adalah dengan melakukan hal hal berikut.

Melansir dari situs halodoc berikut 3 tips efektif yang bisa anda lakukan untuk membuat bulu kucing peliharaan anda panjang, lebat dan lembut.

1. Atur Pola Diet Kucing Anda

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk membuat bulu kucing peliharaan anda tumbuh panjang dan lembut adalah dengan memberi makan secara seimbang dan sesuai dengan sifatnya.

Karena ketika anda hanya memberi kucing peliharaan di rumah satu jenis makanan saja seperti makanan kering, hal itu sudah pasti akan menimbulkan efek jelek pada penampilan bulu mereka. 

Maka dari itu agar bulu kucing tetap lebat pastikan anda memberikan asupan gizi berupa makanan yang memiliki kandungan lemak omega 3, 6, vitamin, dan juga nutrisi lainnya.

2. Jauhkan Kucing Peliharaan dari Stres

Salah satu penyebab bulu seekor kucing dengan mudah mengalami kerontokan adalah ketika mereka mengalami stres dengan tikat yang cukup tinggi. 

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab seekor kucing mengalami stres diantaranya adalah lingkungan yang tidak nyaman, adanya orang baru di rumah, adanya kucing baru di rumah, atau pindah rumah.

Ketika kucing mengalami stres mereka juga biasanya akan kehilangan nafsu makan yang membuat bulu rontok dan bahkan yang lebih parah adalah ketika mereka menjadi sakit.

Maka dari itu, pastikan untuk mengatasi segala hal yang menyebabkan kucing stres, jika tidak kunjung sembuh, ada baiknya dibawa ke dokter hewan.

3. Rutin Memandikan Kucing

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk bisa membuat bulu kucing peliharaan anda tumbuh lebat tetap lembut adalah dengan rutin memandikan kucing peliharaan anda.

Karena seekor kucing yang jarang mandi rentan menjadi sarang kutu, cacing, dan parasit yang menyebabkan penyakit.

Bukan hanya itu kucing yang jarang dimandikan juga sangat rentan terkena berbagai penyakit kulit membuat bulunya menjadi rontok. Jadi pastikan untuk rutin memandikannya dengan air hangat, paling tidak seminggu sekali agar pertumbuhan bulunya tetap lebat.

Itulah 3 cara simpel dan efektif yang bisa anda lakukan untuk membuat bulu kucing peliharaan anda tumbuh dengan lebat dan lembut. Lakukanlah semua hal tersebut secara rutin, bukan hanya agar bulu kucing terawat, tetapi juga agar kesehatannya tetap terjaga. (akg)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:13
08:31
03:29
04:25
01:50
23:20
Viral