Keutamaan Puasa Ramadhan.
Sumber :
  • tim tvone - agus wibowo

Bulan Suci Penuh Kemuliaan dan Keberkahan, Ini Keutamaan Puasa Ramadhan

Senin, 13 Maret 2023 - 15:21 WIB

Pacitan, tvOnenews.com - Ramadan merupakan bulan suci yang penuh kemuliaan dan keberkahan, yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Terlebih, ada banyak keutamaan dalam bulan Ramadhan, sehingga menjadi waktu yang tepat bagi umat Islam untuk memperbaiki diri meningkatkan keimanan.

KH Abdullah Sadjad menjelaskan, sebagai bulan paling mulia, melakukan puasa Ramadhan pada bulan itu memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaan yang diperoleh bagi orang yang melaksanakan puasa Ramadhan adalah derajatnya akan diangkat di sisi Allah SWT.

"Terkait ini (Ramadhan), Syekh Izzuddin (w. 1181 M) mengutip salah satu hadits Nabi. Ketika Ramadhan tiba, dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan setan pun dibelenggu,” katanya, mengutip HR Imam Muslim. 

KH Sadjad menjelaskan, maksud dibukanya pintu surga adalah, pada bulan Ramadhan ada banyak amal ibadah yang menyebabkan dibukanya pintu surga. Kemudian, maksud dikuncinya pintu neraka adalah karena pada bulan tersebut sedikit perbuatan maksiat.  

"Sedangkan maksud setan dibelenggu, karena saat kondisi berpuasa setan tidak menggoda manusia untuk bermaksiat," jelasnya.

Di samping itu, lanjut dia, keutamaan lain dari berpuasa adalah mampu mengontrol syahwat, agar terhindar dari godaan setan, karena syahwat merupakan pintu masuk utamanya. Jika setan tidak menggoda, akan terhindar hari perbuatan maksiat.

"Barangsiapa yang belum mampu menikah, maka berpuasalah, sesungguhnya puasa itu adalah penekan syahwatnya” ucapnya, mengutip HR Imam Ahmad dan Imam al-Bukhari. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
03:03
02:36
08:00
Viral