Masjid Jami’ Air Tiris.
Sumber :
  • Tim TvOne/Arif Budiman

Dibangun Tanpa Paku, Masjid Jami’ Air Tiris Kampar Masih Berdiri Kokoh di Usia Ratusan Tahun

Kamis, 16 Maret 2023 - 19:26 WIB

Kampar, tvOnenews.com - Masjid JamiAir Tiris masih terlihat berdiri kokoh meski sudah berusia ratusan tahun. Masjid yang dikenal dengan keunikan bangunannya ini terletak di Dusun Satu, Pasar Usang, Desa Tanjung Berulak, Kecamatan Air Tiris, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Keunikan bangunannya terlihat di bagian atas yakni pada atap yang berjenjang tiga, sekilas terlihat seperti rumah adat dan kelenteng.

Keunikan lainnya, bangunan masjid ini, pada awalnya tidak menggunakan paku tapi hanya menggunakan pasak yang terbuat dari kayu.

Penjaga atau gharim masjid, Zufri Abdullah ketika dihubungi beberapa waktu lalu mengatakan, Masjid Jami’ ini, pembangunannya dimulai pada tahun 1897, setelah empat tahun pembangunan atau tepatnya pada tahun 1901 masjid ini mulai difungsikan.

Pembangunan Masjid Jami’ ini, merupakan ide dari tokoh agama bernama Angku Mudo Sangkal yang melihat masjid saat itu, hanya terdiri bangunan kecil sementara warga semakin padat.

Ditambah lagi warga ramai beraktivitas di sekitar masjid dikarenakan ada pusat perbelanjaan yang dikenal dengan Pasar Usang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral