Suasana tradisi padusan di Umbul Ngabeyan Pengging, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Warga Boyolali Gelar Tradisi Padusan

Selasa, 21 Maret 2023 - 17:44 WIB

Boyolali, tvOnenews.com - Ribuan warga mengikuti tradisi padusan atau menyucikan diri di  Umbul Ngabeyan Pengging, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (21/3/2023).

Pantauan tvOnenews.com, sejak pagi masyarakat telah berkumpul di sekitaran halaman Kantor Kecamatan Banyudono untuk menyaksikan secara langsung ritual padusan menjelang bulan suci Ramadhan

Tradisi padusan diawali dengan kirab budaya. Rombongan kirab diawali dengan barisan Mas dan Mbak Boyolali diikuti Forkopimda dengan menaiki enam kereta kuda yang kesemuanya memakai pakaian adat kejawen. Dibelakangnya ada rombongan dari Pakasa (Pagar Betis Prajuritan), Harpi Melati dan lainnya.

Rombongan kemudian tiba di Umbul Ngabeyan yang menjadi lokasi upacara siraman. Tibalah pada acara puncak, yakni siraman yang dilakukan oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat dan Ketua TP PKK Kabupaten Boyolali, Desy M. Said Hidayat kepada Mas dan Mbak Boyolali Tahun 2022 yakni Faiz Pribadi dan Dina Putri Amelia.

Bupati Said mengharapkan dengan tradisi dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah tersebut, mampu dijaga dengan tetap menjaga kearifan lokal dan budaya di Kabupaten Boyolali.

“Kita harapkan kita semua dapat terus menjaga naluri budaya kita bahwa adat istiadat yang merupakan kekayaan tradisi lokal kita, ini harus secara bersama kita pertahankan,” kata Bupati Said.

Ditambahkan bupati bahwa tradisi padusan merupakan salah satu cara membersihkan diri sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral