Ilustrasi Pemantauan Hilal.
Sumber :
  • Istimewa

Sidang Isbat, Ini Arti Hilal dari Bahasa, Al-Qur'an dan Ilmiah

Rabu, 22 Maret 2023 - 07:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pertemuan para wakil ormas Islam, ahli hisab, dan astronom telah berulangkali diselenggarakan untuk menentukan hilal

Musyawarah, diskusi, dan seminar untuk menyatukan persepsi kriteria awal bulan Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah telah sering dilakukan. Namun masih sering terjadi perbedaan untuk hasilnya. Mengapa bisa demikian?

Hilal Menurut Bahasa

Di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hilal memiliki dua arti, yakni bulan sabit dan bulan yang terbit pada tanggal satu bulan kamariah. 


Ilustrasi Hilal (tim tvOne)

Mengutip KH A Ghazalie Masroeri di situs resmi Nahdlatul Ulama, Hilal dalam bahasa Arab adalah sepatah kata isim yang terbentuk dari 3 huruf asal yaitu ha-lam-lam (ل - ل- ﻫ), sama dengan terbentuknya kata fi’il هَلَّ dan اَهَلَّ. Hilal artinya bulan sabit yang tampak. 

هَلَّ dan اَهَلَّ dalam konteks hilal mempunyai arti: هَلَّ اْلهِلاَلُ dan اَهَلَّ اْلهِلاَلُ artinya bulan sabit tampak. هَلَّ الرَّجُلُ artinya seorang laki-laki melihat/memandang bulan sabit. اَهَلَّ اْلقَوْمُ اْلهِلاَلَ artinya orang banyak teriak ketika melihat bulan sabit. هَلَّ الشَّهْرُ artinya bulan (baru) dimulai dengan tampaknya bulan sabit.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:09
01:56
01:27
00:49
01:46
Viral