penyakit mengintai, jangan tidur usai sahur.
Sumber :
  • Tim tvone - agus wibowo

Penyakit Mengintai, Jangan Tidur Usai Sahur, Ini Dampak Kesehatannya

Jumat, 24 Maret 2023 - 04:00 WIB

Pacitan, tvOnenews.com - Sejak ditetapkannya 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis 23 Maret 2023, umat muslim menjalankan ibadah puasa. Tentu puasa Ramadhan kali ini sedikit berbeda dengan 2 tahun lalu, yang mana ada pembatasan karena berada di tengah wabah pandemi Covid-19. 

Puasa Ramadhan tahun ini sudah banyak kelonggaran, mulai melepas masker dan tidak ada pembatasan lainnya yang harus dipatuhi. Meski demikian, penting untuk tetap menjaga kesehatan selama puasa Ramadhan.

Indrata Nur Bayu Aji, Bupati Pacitan mengatakan, masyarakat diminta menerapkan pola hidup yang sehat dan menjaga pola makan yang baik, agar dapat tetap beribadah dengan sehat dan bugar selama berpuasa. Pola hidup sehat tersebut selain menjaga kesehatan tubuh juga menangkal berbagai penyakit yang muncul di bulan puasa.

"Menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dan agar puasa bisa berjalan lancar adalah tetap mengatur pola makan sehat dan menjaga kebersihan lingkungan, " kata Mas Aji.

dr Daru Mustiko Aji, Plt Kadinkes Pacitan menjelaskan saat puasa sebaiknya memilih jenis menu makanan yang tepat dan asupan nutrisi untuk sahur maupun berbuka puasa. Itu menjadi hal penting dilakukan demi menjaga kesehatan.

Makan sahur disarankan memilih jenis makanan dengan gizi seimbang, mengandung karbohidrat, protein serta lemak. Hindari atau batasi konsumsi makanan yang digoreng. 

"Makanan untuk sahur lebih baik dikukus atau direbus. Jangan konsumsi makanan yang digoreng. Sahur sebaiknya dilengkapi buah dengan kandungan gula alami untuk menjaga kesehatan tubuh," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral