Pakar UGM menjelaskan soal manfaat puasa (Dok UGM)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Manfaat Puasa Ramadhan bagi Kesehatan Mental, Begini Penjelasan Medisnya

Jumat, 24 Maret 2023 - 09:59 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Umat muslim di seluruh dunia sudah mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Puasa Ramadhan hukumnya wajib ditunaikan bagi setiap pemeluk agama Islam.

Selain wajib, puasa Ramadan ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Tak hanya kesehatan fisik, tapi juga mental. Psikolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Bagus Riyono mengatakan, bahwa berpuasa bermanfaat untuk meningkatkan kontrol diri.

"Dengan berpuasa kita dilatih delay gratification atau menunda pemuasan dari makan, emosi, dan lainnya," kata Bagus Riyono dilansir dari laman resmi UGM, Jumat (24/3/2023).

Dijelaskan Bagus, salah satu contoh terkait delay gratification itu adalah menunda pemuasan terkait emosi. Dengan adanya jeda dan tidak impulsif, maka akan terjadi penurunan ketegangan atau stres dalam diri manusia.

Selain itu, saat menjalankan puasa maka jiwa dilatih untuk disiplin dan tekun. Sehingga hati orang yang berpuasa akan merasakan ketenangan.

Di samping itu, puasa juga bisa melatih diri untuk merespon semua hal dengan lebih tenang. Dengan begitu dapat menurunkan stres dalam diri.

"Puasa Ramadan menjadi momentum untuk bersiap-siap menjalani kehidupan setelah selesai nanti. Jadi jangan sampai mengendalikan diri hanya saat puasa saja, justru unu menjadi latihan mengendalikan diri untuk persiapan kehidupan setelah puasa," bebernya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral