Tukang Bangunan Tidak Puasa, Pemilik Bangunan Ikut Dosa? Buya Yahya Menjawab.
Sumber :
  • Freepik

Tukang Bangunan Tidak Puasa, Pemilik Bangunan Ikut Dosa? Buya Yahya Menjawab

Selasa, 28 Maret 2023 - 04:06 WIB

tvOnenews.com - Tukang bangunan menjadi salah satu profesi paling rentan untuk tidak menjalankan puasa ramadhan. Lantas bagaimana penjelasan Buya Yahya terkait hal ini?

Puasa ramadhan adalah hal yang wajib bagi setiap muslim. Sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 183.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ 

Terjemahan: Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Ayat berikutnya 184, menerangkan kondisi siapa saja yang boleh tidak mengerjakan puasa ramadhan, sebagai berikut:

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗوَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗوَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Terjemahan: (Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:10
01:25
17:29
03:50
01:56
06:42
Viral