Masjid Menara salah satu masjid tua di Jalan Layur tepi Kali Semarang, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/tvOne

Menengok Jejak Bangsa Arab di Masjid Menara Semarang yang Dibangun Abad 17

Sabtu, 8 April 2023 - 12:00 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Perkembangan agama Islam di nusantara tak lepas dari andil para pendatang. Mereka tiba di sini setelah mengarungi lautan dengan kapal untuk tujuan utama berdagang dan berdakwah. Antara lain berasal negeri jazirah Arab, Pakistan, dan Gujarat. 

Mereka mendarat di pelabuhan, dan kemudian bermukim membentuk perkampungan, berdakwah dan membangun masjid-masjid.
 
Wilayah mereka berlabuh tersebar di banyak tempat. Salah satunya adalah Semarang, Jawa Tengah yang waktu itu punya pelabuhan dagang yang ramai. 

Jejak tersebut masih ada hingga sekarang, dan yang cukup dinela adalah Masjid Menara atau Masjid Layur. Lokasinya ada di Jalan Layur tepi Kali Semarang.

Menurut salah satu tokoh muslim setempat Masjid Menara dibangun pada abad ke 18, hingga kini tetap kokoh dan dipakai untuk beribadah.
 
Ini adalah salah satu dari sekian banyak masjid tua di Semarang yang masih kokoh berdiri. 

Pada masa itu, tempat ini menjadi pertemuan para pedagang yang menambatkan perahu, dimana berbagai suku bangsa pun bertemu.
 
"Masjid menara dibangun oleh warga keturunan Arab antara tahun 1820 hingga 1825. Warga dari berbagai suku di sekitar pelabuhan juga ikut memberi andil. Makanya masjid ini punya ciri khas yang menggambarkan perpaduan berbagai suku bangsa. Ada Arab, Jawa, Melayu, dan sentuhan Eropa juga ada pada bangunan menara," kata H Abubakar Alatas, tokoh muslim di Jalan Layur Semarang.

Disebut Masjid Menara karena terdapat menara tinggi yang dulu berfungsi sebagai mengumandangkan adzan sekaligus untuk mercusuar pengamat kapal.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral