Ustaz Adi Hidayat (UAH), Pendakwah.
Sumber :
  • Kolase tim tvOne

Makna Takbir Idul Fitri, Ustaz Adi Hidayat: Ekspresi Kebahagiaan dari Seorang Muslim

Jumat, 21 April 2023 - 04:25 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah memutuskan bahwa Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Sabtu (22/4/2023). Hal itu berarti, pada hari ini, Jumat (21/4/2023), takbir sudah mulai dikumandangkan.

Takbir dalam menyambut Idul Fitri akan dikumandangkan akan dikumandangkan sejak matahari terbenam hingga tiba shalat Idul Fitri di pagi hari.

Lantas apa makna Takbir saat Idul Fitri?

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa takbir adalah ekspresi kebahagiaan dari seorang muslim.

“Takbir itu ekspresi kemenangan, takbir itu ekspresi kesuksesan,” jelas Ustaz Adi Hidayat sebagaimana dikutip dalam kanal YouTubenya pada Jumat (21/4/2023).

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa hal itu diambil dari kata Hudan yang diungkapkan dengan takdir.


Ilustrasi (ant)

“Hudan ini mengantarkan kita pada derajat muflihun, yakni orang yang sukses orang yang menang, orang yang bahagia, akar katanya aflah. Akar dari ini adalah falahun, falah punya arti sukses menang bahagia,” katanya.

Ustaz Adi Hidayat kemudian menjelaskan bahwa sebenarnya setiap hari sebanyak lima kali kita sudah diajak sukses oleh Allah SWT melalui ajakan shalat.

“Bukanlah saat shalat kita ucapkan Allahu Akbar berkali-kali? Maka itu artinya Allahu Akbar bukan hanya diucapkan di lisan tapi sebagai syiar kemenangan, kesuksesan dan kebahagian,” kata Ustaz Adi Hidayat.

Dengan adanya takbir yang diucapkan dalam shalat, seakan-akan Allah membimbing kita untuk sukses melalui shalat.


Ilustrasi (ant)

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral