Potret Buya Yahya.
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube Al Bahjah TV

Suami Sudah Mualaf Eh Kok Tidak Mau Sholat? Menurut Buya Yahya Sebaiknya Para Istri Segera Lakukan Hal ini Pada Suami

Kamis, 8 Juni 2023 - 04:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Menikahi seorang mualaf yang tidak mau sholat menjadi kebimbangan tersendiri. Hal ini pula yang membuat seorang jemaah bertanya langsung pada Buya Yahya mengenai hukum menikahi seorang mualaf namun tidak mau sholat.

Dalam kanal YouTube Al Bahjah TV, Buya Yahya membagikan pendapatnya mengenai hukum suami yang mualaf namun tidak mau salat. Tayangan yang diunggah pada 23 Januari 2022 tersebut diberi judul ‘Suami Saya Mualaf Tapi Tidak Mau Sholat’.

Diketahui jemaah tersebut cerita bahwa sang suami merupakan seorang mualaf, namun belakangan tidak mau melaksanakan salat. Padahal di awal-awal pernikahan mereka, suami dari jemaah ini masih rutin melakukan ibadah salat.

Jemaah tersebut khawatir jika hubungannya dengan sang suami sudah tidak sah secara agama. Buya Yahya lantas menjawab bahwa hubungan suami istri keduanya masih dinyatakan sah secara agama.

“Karena selagi dia masih mengatakan salat itu wajib tidak keluar dari iman menurut madzab kita, Imam Syafii, madzab Hanafi, madzab Maliki,” ungkap Buya Yahya.

Namun menurut madzab Imam Hambali seseorang yang tidak salat dinyatakan kafir. Karena itu, jika masih menggunakan 3 madzab yang menyetujui bahwa salat itu wajib maka hubungan suami istri ini masih dinyatakan sah.

Buya Yahya juga menjelaskan bahwa orang yang beriman namun tidak salat itu umumnya salah berguru. Mereka cenderung tidak mengerti bahwa salat adalah salah satu ibadah yang mudah dilakukan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:54
05:57
02:20
02:52
01:10
01:35
Viral