Suasana saat Jemaah Haji 2023 Jalani Wukuf di Arafah.
Sumber :
  • ANTARA

Kisah Ketika Sengatan Panas Matahari dan Terpaan Pasir Tak Surutkan Semangat Jemaah Haji untuk Wukuf di Padang Arafah

Minggu, 2 Juli 2023 - 07:41 WIB

Jeddah, tvOnenews.com - Jemaah Haji 2023 telah selesai melakukan wukuf di Padang Arafah. Wukuf adalah bagian penting dari sebuah ibadah haji.

Labbaikallahumma labbaik. Labbaika laa syarikalaka labbaik. Innalhamda wal nikmata laka wal mulk laa syarikalak.

“Aku datang memenuhi panggilan-Mu, ya Allah. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi panggilan-mu. Sesungguhnya segala puji nikmat dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu.”

Kalimat talbiah ini berulang kali terlontar dari mulut jamaah haji saat memasuki Padang Arafah, daerah terbuka dan luas di sebelah timur luar kota suci umat Islam di Makkah, Arab Saudi.

Sengatan panas Matahari membara dan embusan pasir yang mengusik mata tak menyurutkan semangat jamaah haji dari seluruh dunia untuk berkumpul di Padang Arafah pada 9 Zulhijah.

Tanggal 9 Zulhijah 1444 Hijriah atau 27 Juni 2023 menjadi puncak pelaksanaan ibadah haji. Orang-orang dari berbagai negara berkumpul di Padang Arafah tanpa melihat kedudukan.

Jutaan peserta haji dari seluruh dunia berkumpul hanya dengan mengenakan kain putih sederhana. Semua perbedaan kekayaan, posisi, dan identitas nasional terhapus.

Yang dimiliki hanya kumpulan pikiran, perasaan, dan perbuatan hidup seorang manusia.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral