Buya Yahya Menceritakan Tragedi Karbala.
Sumber :
  • Tangkapan Layar/YouTube Al-Bahjah TV

Mengenal Muslim bin Aqil, Sepupu Sayyidina Husein yang Pertama Tewas di Kufah Jelang Tragedi Karbala, Buya Yahya: Awal Kesyahidan Ahlul Bait

Jumat, 28 Juli 2023 - 00:15 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Peristiwa Karbala adalah saat dimana Sayyidina Husein atau Imam Husein, cucu kesayangan Nabi Muhammad SAW dibunuh dengan cara dipenggal pada 10 Muharram.

Dalam sebuah ceramah Buya Yahya tentang tragedi Karbala yang menewaskan Sayydina Husein itu, disebutkan nama Muslim bin Aqil.

Muslim bin Aqil adalah ahlul bait yang ditugaskan oleh Sayyidina Husein atau Imam Husein untuk menemui masyarakat Kufah usai beliau menerima ratusan surat.

Muslim bin Aqil adalah ahlul bait pertama yang tewas dalam tragedi Karbala.

Ujar Buya Yahya, setelah Muawiyah menyerahkan kekuasaan kepada Yazid, Sayyidina Husein memilih untuk meninggalkan Madinah menuju Mekkah.

“Imam Husein bersama orang-orang yang mencintai beliau dari putra sahabat-sahabat Rasulullah dan ahlul bait untuk meninggalkan Madinah menuju Makkah,” jelasnya, sebagaimana dikutip oleh tvOnenews pada Kamis (26/7/2023) dari ceramah Buya Yahya tentang Tragedi Karbala di Kanal YouTube Al-Bahjah TV.

Saat itu bulan Sya'ban tahun 60 Hijriah.

“Imam Husein bersama sahabat-sahabat atau pecinta pecinta beliau dari putra-putra sahabat Rasulullah pergilah ke Madinah ke Makkah,” ujar Buya Yahya.


Suasana Mekkah Saat Ini (tim tvOnenews/Budi)

Hingga pada bulan Dzulqa’dah, datanglah surat dari Kufah.

“Masyarakat kufah mendengar kalau Imam Husein berada di Makkah sehingga dari masyarakat Kufah itu pada mengirim surat kepada Imam Husein,” ujar Buya Yahya.

Isi surat itu kata Buya Yahya adalah sebagai berikut.

Bismillahirohmanirohim.

Kepada Imam Husein pemimpin kami kami warga kufah menanti kedatanganmu, kami butuh pemimpin adil sepertimu. Cepat dan cepatlah datang.

“Tandatangan diterima oleh Imam Husein terkumpul dari ratusan hingga ribuan,” kata Buya Yahya.

Namun Sayyidina Husein tidak peduli dengan tanda tangan. Karena beliau tidak ingin menginginkan kekuasaan.

“Tetapi semakin hari terkumpul semakin banyak tanda tangan itu.Tercatat sampai 4.000 tanda tangan dalam riwayat sampai 16.000 tanda tangan, dikirim yang isinya akan membaiat Imam Husain,” kata Buya Yahya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:44
02:01
06:13
08:31
03:29
04:25
Viral