Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof. H. Wan Jamaluddin..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Puji

Ajakan Rektor UIN Lampung untuk Meneladani Rasulullah dalam Berbagai Sisi pada Peringatan Maulid Nabi

Kamis, 28 September 2023 - 12:24 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 H menjadi momen penting bagi umat Islam untuk merenungkan dan meneladani kehidupan Rasulullah dari berbagai sudut pandang. Prof. H. Wan Jamaluddin Z, Ph.D, Rektor UIN Raden Intan Lampung, memberikan ajakan ini pada Kamis, (28/9/2023).

Menurut Rektor Wan Jamaluddin, Rasulullah adalah contoh teladan yang sempurna dalam semua aspek kehidupannya. Setiap perkataan, perbuatan, dan ketetapannya memiliki nilai yang patut diikuti dalam kehidupan sehari-hari. Ia menekankan bahwa Rasulullah tidak memiliki cela dalam dirinya.

"Dalam diri Rasulullah terdapat keteladanan yang baik, sebagaimana yang dinyatakan dalam salah satu ayat Alquran," kata Rektor UIN Raden Intan Lampung.

Lebih lanjut, Rektor menegaskan bahwa keteladanan Rasulullah tidak terbatas pada satu bidang saja, melainkan mencakup berbagai aspek. Sebagai pemimpin, Rasulullah dikenal sebagai figur yang amanah, adil, bijaksana, toleran, dan penyayang terhadap seluruh makhluk.

Sebagai seorang pendidik yang profesional dan tulus, Rasulullah memberikan teladan dalam hal pendidikan. Sebagai ayah dan suami, ia menunjukkan tanggung jawab dan kasih sayang kepada keluarganya. Sebagai anak, Rasulullah mengajarkan umatnya untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua, baik selama hidup mereka maupun setelah mereka meninggal.

Rektor Wan Jamaluddin menekankan bahwa Rasulullah adalah teladan utama dalam sejarah umat manusia. Ia menyimpulkan, "Tidak ada cela dalam diri Rasulullah. Dalam segala aspek, Rasulullah patut untuk diteladani. Semoga kita semua terus berupaya mengikuti sunnah Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari."

Rektor juga menyoroti pentingnya keteladanan dalam kehidupan manusia, karena manusia cenderung meniru dan mencontoh orang lain. Dalam Islam, meneladani Rasulullah Muhammad SAW adalah contoh yang terbaik dan paling sempurna bagi umat manusia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral