Ustaz Adi Hidayat.
Sumber :
  • Viva Jatim

Hadist Doa Sebelum Makan Dikatakan Bersifat Dhaif? Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Dengan Tegas Hal ini, Ternyata...

Selasa, 12 Desember 2023 - 18:45 WIB

tvonenews.com – Setiap umat Islam dianjurkan untuk membaca doa sebelum maupun sesudah makan.

Hal tersebut telah tertulis dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang bertujuan agar mendapat keberkahan dari Allah SWT serta dijauhi dari godaan setan ketika makan dan minum.

Meski demikian, masih ada beberapa orang yang menganggap bahwa doa sebelum makan justru berkekuatan hadist dhaif atau lemah.

Hal ini kemudian ditanggapi oleh Ustaz Adi Hidayat yang menjelaskan secara rinci bagaimana hukum dari membaca doa sebelum makan yang dianggap dhaif.

Dalam penjelasannya, Ustaz Adi Hidayat merujuk pada Kitab Muwatta Imam Malik Nomor 2.772, di mana Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada Ali bin Abi Thalib tentang doa sebelum makan.

”Bagaimana tafsirnya kalau engkau mau makan ’Bismillahirahmannirahim Allahumma Barik Lana Fima Razaqtana Wa Qina Adzabannar’, hadist itu shahih bahkan ada yang lebih panjang lagi,” kata Ustaz Adi Hidayat saat ditanya para jamaah.

Namun, Ustaz Adi Hidayat kemudian menambahkan lagi bagaimana tafsir dari Kitab Muwatta Imam Malik Nomor 2.772, di mana ketika menyebut nama Allah saja berarti sudah sah.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral