Sekjen PBNU Syaifullah Yusuf dan Ketua Majelis Syuro Partai Umat Amien Rais.
Sumber :
  • ANTARA dan tvOnenews.com

Bikin Miris! Sesama Pemimpin Umat Tidak Kompak Hanya Karena Beda Pilihan Politik, Ini Dalil yang Melarang Perpecahan Sesama Muslim

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:20 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Kontestasi Pemilihan Presiden 2024 menyeret banyak pemimpin umat Islam dalam perseteruan terbuka di ruang publik. Terbaru. Sekjen PBNU Saifullah Yusuf atau yang kerap disapa Gus Ipul, baru-baru ini secara gamblang menyebutkan agar warga Nahdliyin tak memilih paslon yang didukung oleh Abu Bakar Baasyir dan Amien Rais. Gus Ipul beralasan Abu Bakar Baasyir dan Amien Rais memiliki pemahaman yang bersebrangan dengan cara berpikir Nahdlatul Ulama.

Sangat disayangkan politik kekuasaan membelah hubungan harmonis antara pemimpin umat Islam yang sudah terbina baik. Apalagi, tokoh tokoh yang 'berseteru" berasal dari organisasi Islam yang terpandang dan punya massa sagat besar. Bagaimana umat memandang pemimpinnya yang tidak harmonis? Pada siapa umat akan mencari pengayoman jika pemimpinnya tidak akur?

Islam sangat tegas melarang perpecahan antara sesama Muslim. Dari Abu Hurairah berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,” “Seorang mukmin adalah cermin bagi saudaranya. Jika dia melihat suatu aib pada diri saudaranya, maka dia memperbaikinya,” (Disebutkan oleh Imam Bukhari dalam Al Adabui Murfrod, hasan secara sanad)

Dalam Islam pun dinyatakan bahwa jika perbuatan menyindir orang lain itu bertujuan untuk sesuatu hal yang baik seperti merubah sikap ataupun akhlak yang dimiliki, maka hal itu dianjurkan oleh agama, namun jika menggunakan cara yang menyakiti hati dan tujuannya karena sifat iri, dengki, dan cenderung ingin membalas dendam maka hukumnya haram. 

Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kamu saling benci-membenci, dengki-mendengki dan sindir-menyindir, jadilah kamu sebagai hamba-hamba Allah yang bersaudara, Haram seorang muslim berkelahi dengan saudaranya lebih dari tuga hari lamanya. (Hadist Anas nin Malik r.a)

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:13
02:28
02:37
04:23
07:11
01:01
Viral