Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • Istimewa

Gesture dan Mimik Gibran Saat Debat Disorot Warganet Songong, Bagaimana Adab Debat Sehingga KIta tidak Jadi Pribadi Tercela?

Senin, 22 Januari 2024 - 05:42 WIB

Jakarta, tvOnenenews.com-Perilaku dan pernyataan yang merendahkan Mahfud MD diperagakan capres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat keempat cawapres pada Minggu (21/1/2024). Setelah melempar pertanyaan tentang definisi inflasi hijau, Gibran memperagakan gesture dan mimik tengah mencari sesuatu sembil berujar: "Saya mencari jawaban Pak Mahfud soal pertanyaan saya, tapi tak ketemu," ujar Gibran.

Gibran juga menuduh Cak Imin menyontek catatan saat memberikan pemaparan soal isu pertanian dan kelangkaan pupuk. Selanjutnya, saat membahas soal inflasi hijau (greenflation), Gibran mengatakan Mahfud MD tak menjawab pertanyaannya.

Serangan-serangan Gibran tersebut viral dibahas di media sosial. Topik 'Let Him Cook' yang membahas soal serangan bertubi-tubi Gibran masuk ke jejeran trending topic.

Namun, yang paling banyak adalah topik 'Songong' yang langsung merajai media sosial X. Banyak netizen yang menyayangkan sikap Gibran yang seakan tak memberi jeda serangan ke kedua paslon lainnya.

Hingga berita ini dirilis, topik 'Songong' sudah dibahas sebanyak 13.500 kali. Topik itu mengalahkan tagar #DebatCawapres.


Singkatnya, Polah Gibran ini pascadebat oleh banyak warganet disebut tidak sopan dan songong

Sebenarnya bagaimana adab berdebat dalam Islam, terutama jika kita menyanggah ucapan lawan bicara yang lebih tua. Bolehkah kita meyanggah dengan tidak sopan? Bagaimana hukumnya jika menjatuhkan lawan debat secara tidak terhormat di muka umum? Apa yang harus diutamakan dalam debat sehingga persoalan terjawab secara subtansif. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:41
04:03
02:06
03:18
01:35
00:48
Viral