Diriyah, tempat kelahiran Arab Saudi, telah dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.
Sumber :
  • Arab News

Jelang Hari Pendirian Kerajaan Saudi, Melihat Diriyah, Ibu Kota Saudi di Masa Lalu yang Ditetapkan UNESCO Sebagai Warisan Dunia

Minggu, 18 Februari 2024 - 11:32 WIB

tvOnenews.com-Kerajaan Arab Saudi dalam beberapa hari ke depan akan merayakan hari nasional baru. Tepatnya pada Kamis (22/02) akan digelar Hari Pendirian Saudi atau Founding Day. Perayaan ini bermula ketika 27 Januari 2022, Raja Salman bin Abdulaziz mengeluarkan dekrit Kerajaan yang menetapkan 22 Februari sebagai Hari Pendirian Kerajaan Saudi.

Cerita bermula ketika Raja Salman bin Abdulaziz ingin memberi penghormatan pada Imam Mohammed ibn Saud, tokoh yang melahirkan keluarga kerajaan Saudi pertama.

Saat itu, tekad Imam Muhammad pada tahun 1727 untuk mengubah negara kota menjadi negara bangsa, membawa perdamaian dan persatuan ke Semenanjung Arab yang lebih luas, dua abad kemudian mencapai puncaknya dengan berdirinya Kerajaan Arab Saudi oleh Raja Abdulaziz pada tahun 1932. Diriyah (sekiyar 20 kilometer dari Riyadh) ditetapkan sebagai ibu kota Saudi saat itu dengan konstitusi berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah Rasul-Nya.

Arti penting peristiwa 1727 dalam kisah Arab Saudi menjadi semakin jelas berdasarkan penelitian ekstensif yang dilakukan oleh para sejarawan dan arkeolog.

Pada tahun 2010, upaya semacam ini menyebabkan distrik At-Turaif di Diriyah, tempat kelahiran negara tersebut, dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO sebagai situs dengan “nilai universal yang luar biasa.”

Sejak itu, penelitian terus dilakukan di bawah Yayasan Raja Abdulaziz untuk Penelitian dan Arsip dan Otoritas Pengembangan Gerbang Diriyah (DGDA), yang pada tahun 2017 mulai mengubah Diriyah menjadi tujuan warisan dan budaya global, dengan situs bersejarah At-Turaif sebagai pusatnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral