Insiden fisik setelah Banser geruduk Masjid Assalam Purimas, Gunung Anyar, Surabaya yang akan gelar pengajian Ustadz Syafiq Basalamah.
Sumber :
  • Sandi Irwanto

Kadernya Disebut Alami Kekerasan Fisik Saat Insiden di Masjid Assalam Purimas, GP Ansor: Jangan Terprovokasi!

Jumat, 23 Februari 2024 - 20:02 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor menyebut insiden yang terjadi di Masjid Assalam Purimas, Gunung Anyar, Surabaya bukankah pembubaran pengajian, melainkan pelanggaran kesepakatan. “Terjadi pengingkaran atas kesepakatan yang sudah dilakukan kedua belah pihak. Bahwa panitia tidak akan mendatangkan Syafiq Riza Basalamah, tetapi di lapangan itu berbeda,” ujar Ketua Umum GP Ansor Addin Jauharudin di Jakarta, Jumat (23/2).

Keberatan lain, pelanggaran komitmen mendatangkan Syafiq Riza Basalamah justru dilakukan di tengah-tengah penduduk yang mayoritas amaliahnya berpegang pada ajaran NU. "Pengajian menghujat amaliyah NU tentu mengundang reaksi,” tambah Addin. 

Dalam keterangan pers yang diterima tvOnenews.com,  Addin Jauharudin menyebut proses tabayun sudah dilakukan Ansor setempat, tapi justeru mendapatkan perlawanan keras dari pihak penyelenggara. Bahkan, terdapat kader Ansor yang dipukuli oleh oknum tertentu yang akhirnya membuat suasana bertambah keruh.

“Kendati kami dirugikan secara fisik, dan tentu saja juga penistaan terhadap amaliah NU, kami tetapi meminta kepada seluruh kader, utamanya di Surabaya, agar tidak terprovokasi dan menunggu komando dari pimpinan pusat,” sambungnya.

Addin juga meminta agar kader Ansor melakukan pengawalan terhadap kader yang ditimpa kekerasan melalui jalur penegakan hukum.

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral