Sembilan Wali yang menyebarkan Islam di tanah Jawa.
Sumber :
  • Istimewa

Ini Metode Dakwah Wali Songo yang Sukses Sebarkan Islam di Tanah Jawa

Kamis, 14 Maret 2024 - 15:18 WIB

Jakarta. tvOnenews.com-Sejarah Islam di Indonesia tak bisa dilepaskan dari Wali Songo, tokoh penyebar agama islam yang sangat populer di tanah Jawa. .

Yang unik dari metode dakwah Wali Songo adalah menyebarkan agama Islam melalui seni, pendidikan dan menjujung tradisi lokal.

Strategi Wali Songo itu berhasil membuat masyarakat Jawa perlahan menerima ajaran Islam, banyak dari mereka yang ingin mempelajari agama Islam kepada Wali Songo dan akhirnya mengucapkan kalimat Syahadat.

Berikut cara Wali Songo dalam menyebarkan agama Islam seperti dikutip dari Atlas Wali Songo yang ditulis Agus Sunyoto terbitan Pustaka Ilman.


1.Sunan Gresik
Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim adalah Pemimpin Wali Songo di generasi pertama, Beliau berperan besar dalam menyebarkan agama Islam di daerah Jawa pada abad 15 dan 16. Merupakan keturunan dari Ali Zainal, Cicit Nabi Muhammad SAW.

Sunan Gresik merupakan seorang Ahli Tata Negara yang menjadi penasehat Raja. Ia dianggap sebagai penyiar Islam pertama di tanah Jawa, makanya beliau dianggap sebagai Ayah dari para Wali.

Sunan Gresik sebenarnya bukan orang Indonesia, Beliau ahli agama yang berasal dari wilayah Timur Tengah. Beliau datang ke tahan Jawa pada tahun 1404 dan berlabuh di Leran, Kecamatan Manyar, Kota Gresik, Jawa Timur. Strategi Sunan Gresik dalam menyebarkan ajaran agama Islam dengan Berdagang, nengajarkan ilmu pertanian, pengobatan gratis dan membuat masjid serta pesantren. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral