Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah dalam acara peringatan Nuzul Quran di Masjid At Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (29/3/2024).
Sumber :
  • ANTARA

Ahmad Basarah: Tak Tepat Membedakan Nasionalisme dan Agama

Sabtu, 30 Maret 2024 - 14:21 WIB

Jakarta, tvOnenews.com Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menilai saat ini tak lagi relevan untuk membeda-bedakan antara nasionalisme dan agama. Hal ini berpatokan pada dasar negara buatan Bung Karno.

Menurut Ahmad Basarah, jika melihat dasar negara yang dibuat Bung Karno pada hakikatnya nasionalisme dan agama tidak tepat untuk didikotomikan karena nasionalisme Indonesia berdasarkan pada religi.

Ia pun membahas mengenai Bung Karno sebagai pendiri bangsa yang banyak meninggalkan warisan tentang keislaman.

"Tak lagi tepat mendikotomikan nasionalisme dengan agama, agama dengan nasionalisme, karena pada hakikatnya nasionalisme Indonesia adalah nasionalisme yang religius," kata Basarah dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (30/3/2024).

Bung Karno yang oleh sejumlah kalangan disebut sebagai tokoh nasionalis, pada pemikiran dan legasinya justru menunjukkan dimensi keagamaan begitu sangat kuat.

Basarah menjelaskan Bung Karno mempelajari Islam secara mendalam sejak remaja atau tepatnya ketika Sang Proklamator itu dititipkan di rumah tokoh pimpinan islam, Haji Umar Said Tjokroaminoto.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral