Ilustrasi bulan di malam hari.
Sumber :
  • unsplash

Nuzulul Quran, Malam yang Lebih Baik dari 1000 Bulan

Kamis, 7 April 2022 - 15:25 WIB

Nuzulul Quran diperingati setiap 17 Ramadan. Kementerian Agama telah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada hari Minggu, tanggal 18 April. Untuk itu Nuzulul Quran berarti jatuh pada hari Senin, tanggal 18 April. Di tahun 1443 Hijriah ini. 

Al-Qur'an dibuat oleh Nabi Muhammad SAW berserta beberapa para sahabatnya secara bertahap selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari atau sekitar 23 tahun lamanya. Sebelum turunnya Al-Qur'an, tentu banyak sekali peristiwa atau proses sejarah mengenai turunnya Al-Qur'an pertama kali ke dunia ini. Peristiwa itu disebut dengan Nuzulul Quran. 

Al-Qur'an yaitu kitab suci bagi seluruh umat Islam. Kitab suci Al-Qur'an difirmankan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Al-Qur'an menjadi mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW, kitab ini adalah sebuah petunjuk. Di dalamnya juga, terdapat isi cerita tentang kisah bersejarah dan menekankan pentingnya moral yang ada di agama Islam. 

Nuzulul Quran juga dapat diartikan sebagai penyampaian pesan dan wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi seluruh umat Muslim. Untuk mencapai kebenaran dan mempunyai pedoman. Karena itu umat Muslim selalu memperingati peristiwa tersebut. 

Harus kamu pahami, perbadaan dari Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar. Tidak semua peristiwa Nuzulul Quran bisa disebut Lailatul Qadar. Karena tahapan atau waktunya yang berbeda. Sedangkan, Lailatul Qadar bisa disebut Nuzulul Qur’an. 

Karena Nuzulul Quran yaitu peristiwa turunnya ayat-ayat Al-Qur’an. Al-Qur'an diturunkan oleh Allah SWT lalu Lauhul Mahfudz, kemudian dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah. Sampai pada akhirnya turun kepada Rosulullah SAW. Proses pembuatan Al-Qur'an ini dilakukan baik pada saat bulan Ramadhan maupun di luar bulan Ramadhan. Sedangkan Lailatul Qadar adalah peristiwa turunnya Al-Qur'an yang sudah lengkap dan sempurna. 

Begitu pengertiannya agar tidak keliru dalam memahami Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar. Walau begitu keduanya memiliki makna dan keistimewaan yang sama. Berikut keistimewaan dari Nuzulul Quran.  

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
06:13
02:28
02:37
04:23
07:11
Viral