Beginilah Adab dan Tata Cara Berbuka Puasa Sesuai Tuntunan Syariat.
Sumber :
  • envato

Beginilah Adab dan Tata Cara Berbuka Puasa Sesuai Tuntunan Syariat

Jumat, 8 April 2022 - 17:01 WIB

Menurut syara’ atau tuntunan, ada beberapa kebiasaan yang kurang sesuai, diantaranya mengenai adab atau tata cara berbuka puasa. Sebagian besar orang membaca doa berbuka puasa terlebih dahulu sebelum ia berbuka puasa (makan atau minum).

Padahal, dalam beberapa hadits dan kitab-kitab ulama yang disebutkan ada tata cara berbuka puasa yang benar, yakni membaca doa berbuka puasa dilakukan setelah berbuka puasa (‘aqib al-ifthar). Melansir dari situs NU online, berikut ini tata cara berbuka puasa sesuai tuntutan syara’.

1. Menyegerakan berbuka (ta‘jîl al-fithr

Bila telah yakin masuknya waktu berbuka puasa (waktu maghrib), maka segeralah untuk berbuka (makan atau minum). Rasulullah SAW bersabda:

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka,” (HR. Bukhari no 1957 – Muslim no.1098).

2. Berbuka terlebih dahulu sebelum sholat maghrib

Walaupun umat Islam disunnahkan untuk menyegerakan berbuka, akan tetapi harus tahu kapan waktu terbaik untuk berbuka, yakni saat maghrib, tepatnya sebelum sholat maghrib.

Selain itu, pada waktu berbuka puasa, umat Islam harus memperhatikan apa yang ia makan pada saat menyegerakan waktu berbuka. Walaupun menyegerakan berbuka itu sunnah, akan tetapi makan terlalu berlebihan saat berbuka juga tidak baik.

3. Sebelum berbuka puasa, awali dengan membaca basmalah

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral