Ilustrasi manusia sedang memohon pada Tuhan.
Sumber :
  • unsplash

Pengamalan 5 Rukun Islam dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sabtu, 16 April 2022 - 13:28 WIB

Rukum Islam terdiri dari 5 buah poin penting. Sejak kecil, umat Muslim sudah dibekali untuk memahami dan menghafal apa saja itu rukun Islam. Rukun Islam juga menjadi pondasi utama umat Muslim dalam meningkat keimanan sebagai makluk ciptaan Allah SWT. 

Sebagai umat Muslim yang selalu ingin mencoba lebih baik di mata Allah SWT, pasti umat Muslim berusaha untuk memperkokoh pondasi agamanya lewat mengamalkan kelima rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari. 

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim bahwa rukun Islam adalah landasan pokok bagi umat Muslim untuk menjalankan kehidupan beragama dan beribadah kepada Allah SWT. Begini yang tertera dalam dalilnya dari Abu ‘Abdirrahman ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al-Khaththab –radhiyallahu ‘anhuma-, katanya. 

عن أبي عبد الرحمن عبد الله بن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما قال : سمعت النبي صلَّى الله عليه وسلَّم يقول : بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، وَ إِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ ، وَ صَوْمِ رَمَضَانَ .رواه البخاري و مسلم .

Artinya: "Aku mendengar Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, Islam dibangun di atas lima: persaksian bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, naik haji, dan puasa Ramadhan".

Didalam dalil tersebut, tertulis dengan jelas kelima rukun Islam yang harus dipatuhi oleh semua umat Muslim. Agar mempunyai iman yang benar dan baik. Iman adalah kepercayaan yang berkesinambungan dengan agama. Secara lengkapnya, iman berkaitan dengan meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan menggunakan perbuatan.

Berikut 5 rukun Islam berserta dalilnya dan bagaimana langkah usaha agar bisa konsisten dalam menerapkannya dikehidupan sehari-hari. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral