Niat Diet Ketika Puasa Ramadhan, Bagaimana Hukumnya?.
Sumber :
  • elements envato/Nadianb

Niat Diet Ketika Puasa Ramadhan, Bagaimana Hukumnya?

Minggu, 17 April 2022 - 15:33 WIB

Hikmah dari pensyariatan puasa tidak hanya berkaitan dengan manfaat di akhirat, tetapi juga dapat dirasakan di dunia. Allah menjamin pahala berlipat-lipat secara khusus bagi umat muslim yang berpuasa. Puasa pun sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan menjauhkan orang yang melaksanakannya dari penyakit.

Manfaat puasa yang memiliki manfaat dari sisi medis tidak jarang umat muslim menyertakan niat melakukan diet atau mengatur pola makan untuk kesehatan dan menurunkan berat badan, baik dengan petunjuk dokter ataupun tidak.


Namun, apakah sah berpuasa dengan niat diet? Bagaimana hukumnya? Puasa sendiri merupakan ibadah yang membutuhkan niat. Tidak sah berpuasa tanpa niat. Hal ini berdasarkan hadits Nabi SAW: 

 إنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

“Keabsahan beberapa amal bergantung kepada niat-niatnya” (HR al-Bukhari).

Adapun batas minimal yang mencukupi dalam niat puasa adalah dengan menyebutkan qashdul fi‘li dan ta’yin. Dikutip dari nu online, maksud dari qashdul fi’li adalah menyengaja melakukan puasa, misalnya “aku niat berpuasa”. Ta’yin artinya menentukan jenis puasanya, sekira bisa dibedakan dengan jenis puasa yang lain, semisal puasa Ramadhan, puasa qadha Ramadhan, puasa kafarat, dan lain sebagainya.   

Kewajiban menentukan jenis puasa berlandaskan hadits Nabi SAW:  

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral