Ulama berbeda pendapat tentang jumlah ayat sajdah dalam al-Quran. Tapi barangsiapa mendengarnya disunnahkan melakukan sujud tilawah.
Sumber :
  • unsplash.com

Yuk, Hidupkan Sunnah! Begini Hukum dan Tata Cara Sujud Tilawah

Jumat, 22 April 2022 - 14:08 WIB

Pernahkah kamu mendengar tentang ayat sajdah atau sujud tilawah? Ayat sajdah adalah ayat-ayat tertentu di dalam Al - Quran yang bila dibaca maka disunnahkan bagi yang membaca maupun yang mendengarnya untuk melakukan sujud tilawah.

Sebuah hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Muslim menerangkan keutamaannya:

إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ، اِعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِي يَقُوْلُ: يَاوَيْلَهُ، أُمِرَ بِالسُّجُوْدِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ، وَأُمِرْتُ بِالسُّجُوْدِ فَعَصَيْتُ فَلِيَ النَّارُ

“Jika anak Adam membaca ayat sajdah kemudian bersujud, maka setan menjauh darinya sambil menangis dan berkata, ‘Alangkah celakanya.’ Dia diperintah sujud kemudian bersujud, lalu ia mendapat surga. Sedangkan aku diperintah sujud namun membangkang, sehingga aku mendapat Neraka.” (HR Muslim, kitab Sahih Muslim No 254)

Jumlah Ayat Sajdah dalam Al - Quran

Ulama berbeda pendapat tentang jumlah ayat sajdah dalam al-Quran. Sebagian berpendapat ada sebelas ayat. Ada yang berpendapat dua belas ayat. Ada yang berpendapat empat belas ayat. Namun ada pula yang berpendapat lima belas ayat sajdah.

‘Amr bin al-Ash meriwayatkan bahwasanya Nabi SAW pernah membacakan lima belas ayat sajdah dalam al-Quran. Di antaranya sebanyak tiga ayat dalam surat al-Mufassal, dan dua ayat dalam surat al-Sajdah (HR. Abu Dawud No 1403; Ibn Majah No 1057; al-Hakim No 811; al-Daruqutni No 8; dan al-Bayhaqi No 3884).

Hadits ini kesahihannya diperselisihkan ulama. Menurut Imam al-Nawawi, hadits riwayat Abu Dawud yang menerangkan bahwa jumlah ayat sajdah itu ada lima belas statusnya hasan (al-Nawawi, al-Majmu’, IV/60).

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral