Ilustrasi Keluarga yang sedang menyantap hidangan.
Sumber :
  • Freepik.com

Puasa yang Diharamkan Dalam Agama Islam

Rabu, 27 April 2022 - 14:43 WIB

Puasa masuk ke dalam rukun iman yang ketiga. Selain menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan yang hukumnya wajib, Rasulullah SAW juga mengajarkan umatnya untuk melipat gandakan pahala lewat puasa sunnah dan menjadi amalan umatnya untuk  menyempurnakan puasa wajib. 

Lewat mengamalkan puasa sunnah, sebagai umatnya akan merasa lebih disayang oleh Allah SWT dengan berbagai bentuk pertolongan seperti, dipermudahkan dalam segala urusan kehidupan, dijauhkan dari bahaya dan keburukan serta memperkuat iman seseorang yang menjalankannya. 

Tentunya kita semua ingin dekat dengan sang Maha Pencipta, maka puasa sunnah bisa menjadi salah satu jalannya.

Seperti yang disebutkan dalam hadis Qudsi:

"Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatan yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangan yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kaki yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya." (HR Bukhari).

Di dalam hukum Islam ada empat macam puasa yaitu puasa wajib, puasa sunnah, puasa makruh, dan puasa haram. Ternyata memang ada beberapa waktu puasa yang diharamkan oleh agama Islam. 

Lalu, kapan saja waktu puasa yang tidak diperbolehkan atau haram di dalam agama Islam?

Berikut 5 puasa sunnah yang diharamkan dalam agama Islam. 

1. Puasa saat Idul Fitri

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:01
03:48
05:06
00:54
05:57
02:20
Viral