Ilustrasi Persiapan Hari Raya Idul Fitri.
Sumber :
  • pexels

Meraih Predikat 'Idul Fitri' di Penghujung Ramadhan

Sabtu, 30 April 2022 - 17:39 WIB

tvOnenews.com - Idul Fitri oleh mayoritas umat islam di Indonesia dimaknai sebagai hari raya. Sehingga pada hari itu, seluruh umat islam akan saling mengucapkan Selamat Hari Idul Fitri.

Pada hari yang kerap disebut dengan kemenangan, semua orang bersuka cita merayakannya dengan mandi bersih, memakai wewangian, menyantap hidangan bersama, berpakaian bagus, shalat sunnah bersama dengan jumlah yang jauh lebih besar hingga bersilahturahmi ke sanak saudara dan kerabat serta tetangga.

Hal-hal tersebut merupakan sebuah ekspresi dari pemaknaan idul fitri.

Namun, selain dimaknai sebagai hari raya, Idul Fitri juga dimaknai sebagai kondisi "kembali suci".

Imam Durori dalam bukunya Pedoman Pendidikan Agama bagi Masyarakat Awam mengatakan bahwa sebagian umat islam menganggap idul fitri sebagai predikat atau prestasi yang melekat pada siapa saja yang telah melaksanakan serentetan ibadah ramadhan dan telah menjauhi berbagai larangan agama.

Dirinya merasa layak telah mendapat pengampunan dari TuhanNya sehingga merasa telah kembali bersih dan suci dari dosa-dosanya.

Pemaknaan idul fitri seperti ini dapat mendorong sebagian umat islam untuk fokus menjalani berbagai ibadah Ramadhan dengan maksimal dan berupaya sekuat-kuatnya untuk menjauhi hal-hal yang dapat merusak keutamaan dari ibadahnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral